Pelabuhan penumpang di Bangka Barat. (Foto: Antara
Rizki Ramadhani

BANGKA BARAT, iNews.id - Satgas Covid-19 Bangka Barat mengeluarkan aturan baru untuk penyeberangan di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok. Sopir logistik wajib menunjukkan surat bukti vaksin dan hasil negatif Covid-19 

"Kita menetapkan masih menerapkan vaksin dua kali dan antigen satu kali. Hal ini tidak hanya pengendara saja, dan pejalan kaki, namun sopir logistik pun kita akan periksa vaksinnya," ujar Koordinator Satgas Angla Kapten Laut Yuli Prabowo, Rabu (22/12/2021).

Menurutnya, kebijakan itu mulai berlaku penuh hari ini untuk menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Untuk sopir logistik minimal harus menunjukkan vaksinasi dosis pertama. Apabila belum vaksin, harus ada surat hasil tes antigen.

"Yang penting sudah tervaksin, kalau tidak ada sama sekali, ya, harus antigen. Kita arahkan untuk vaksin yang sudah kita sediakan. Ini sudah dibuka jalur oleh ASDP, yang kanan KK (kendaraan umum) dan sebelah kiri logistik," tuturnya.

Selain itu, posko tanggap bencana juga telah dibangun untuk mempermudah evakuasi saat menghadapi lonjakan penumpang Nataru.

"Kita juga sudah tempatkan personil rescue dari SAR apabila terjadi hal-hal yang urgen. Kita tim gabungan TNI-Polri bersama SAR, BPBD akan respons cepat. Jadi lokasinya mungkin nanti akan kita tempatkan di sana (pinggir dermaga) untuk tim SAR dari perwakilan Muntok," katanya.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT