2 Pemilik TI Selam Ilegal di Perairan Toboali Ditangkap

Wiwin Suseno ยท Jumat, 30 April 2021 - 09:24:00 WIB
2 Pemilik TI Selam Ilegal di Perairan Toboali Ditangkap
Barang bukti Ponton TI Selam Ilegal yang diamankan Satgas Gakkum PAM PIP. (Foto:iNews.id/Istimewa).

TOBOALI, iNews.id - Tim Satgas Penegakkan Hukum (Gakkum) PAM Ponton Isap Produksi (PIP) menangkap 2 orang pemilik Tambang Timah Laut Jenis TI Selam yang diduga ilegal. Kedua pemilik tambang tersebut adalah AP (30) dan JK (22) yang merupakan warga Jalan Damai, Toboali, Bangka Selatan.

Kedua Pemilik tambang timah laut itu telah ditangkap pada Selasa (27/04/2021) karena diketahui tidak mengantongi perijinan dari PT Timah selaku pemilik Izin Usaha Penambangan (IUP), ketika beraktivitas di Perairan Sukadamai, Toboali.

"Setelah dilakukan interogasi bahwa ponton yang sedang beroperasi tersebut adalah milik saudara AP dan JK. Kedua pemiliknya itu tidak bisa menunjukkan ijin menambang di dalam IUP. Tim langsung menghentikan aktivitas dan mengamankan pelaku beserta barang bukti ke Posko PAM PIP di Pantai Nek Aji Toboali," kata Kapolres Bangka Selatan, AKBP Agus Siswanto, melalui Kasat Reskrim AKP Galih Widyo Nugroho, Kamis (29/04/2021).

Dikatakan, penangkapan terhadap keduanya dilakukan saat petugas sedang mengadakan patroli. Dari hasil penangkapan, Tim Satgas turut mengamankan 2 Kampil Pasir timah beserta Ponton TI dan Peralatan tambang sebagai barang bukti.

Kedua pelaku beserta barang bukti sudah diamankan guna proses hukum lebih lanjut. Kedua Pelaku akan dijerat dengan Pasal 158 UU No.3 tahun 2020 tentang perubahan atas UU N0.4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

Editor : Erwin Sihombing