3.318 ASN di Belitung Terdata, Tidak Ada yang Fiktif

Antara ยท Rabu, 02 Juni 2021 - 12:57:00 WIB
3.318 ASN di Belitung Terdata, Tidak Ada yang Fiktif
Kepala BKPSDM Belitung, Saprin, memastikan 3.318 ASN di Belitung terdata. Saprin menolak jika disebut adanya ASN fiktif di Belitung. Foto: Antara

SUNGAILIAT, iNews.id - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), memastikan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah itu sudah terdata. Sebanyak 3.318 ASN di Belitung dinyatakan sah dan tidak ada kasus fiktif.

Kepala BKPSDM Belitung, Saprin, mengatakan, input data ASN dilakukan secara ketat. ASN yang sah dipastikan memiliki Surat Keterangan (SK) pengangkatan PNS, kartu pegawai, kartu Tabungan Simpanan Pensiun (Taspen) dan kartu suami atau istri PNS.

"Kami pastikan tidak ada yang fiktif karena semuanya telah terdata," kata Saprin, Rabu (2/6/2021).

Saprin mengungkapkan persoalan ini ketika disinggung adanya data ASN fiktif sebanyak 97 ribu oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Saprin menilai, yang dimaksud BKN adalah ketidakcocokan data dalam sistem, bukan adanya kasus ASN tidak bekerja namun tetap menerima atau dibayarkan gajinya.

"Karena pada pendataan ASN tahun 2012 dan 2014 mereka tidak menginput data sehingga tidak terakomodir di SAPK dan kemudian bagaimana mau menggaji tetapi orangnya tidak ada atau fiktif?  Karena setiap daftar gaji tersebut harus ke orang yang bersangkutan," katanya.

Editor : Erwin Sihombing