8 Rumah Warga di Batam Ambruk Diterjang Gelombang Tinggi, 15 Rusak Berat

Antara ยท Sabtu, 02 Januari 2021 - 20:20:00 WIB
8 Rumah Warga di Batam Ambruk Diterjang Gelombang Tinggi, 15 Rusak Berat
Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad saat menemui warga yang rumahnya ambruk diterjang gelombang tinggi. (Dok Pemkot Batam)

BATAM, iNews.id - Sebanyak delapan rumah warga di Kelurahan Batumerah, Kota Batam, Kepulauan Riau ambruk akibat diterjang gelombang pasang. Selain itu, 15 rumah lainnya juga mengalami rusak berat.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad mengunjungi lokasi musibah yang ditimbulkan gelombang pasang, Sabtu (2/1/2021). Dia menginstruksikan jajarannya untuk mengevakuasi dan mendata warga yang menjadi korban musibah tersebut. Dia juga meminta warga agar bersabar dan tidak putus asa karena musibah itu merupakan cobaan.

"Pemerintah akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meringankan beban warga," ujarnya.

Amsakar mengatakan, pemerintah memberikan bantuan makanan sambil mendata kebutuhan warga untuk melanjutkan aktivitasnya pada awal tahun ini. Dia juga meminta lurah, camat, dan Dinas Sosial setempat langsung bergerak membantu warga yang sedang mendapat musibah.

"Saya pastikan pemerintah hadir di tengah persoalan yang dihadapi warga," katanya.

Dia juga mengingatkan warga untuk tetap waspada di masa cuaca buruk. Selama dua hari terakhir, Batam mengalami hujan disertai angin kencang dan gelombang tinggi. Karenanya masyarakat harus waspada, terutama yang tinggal di bagian pesisir. Perangkat RT dan RW diminta terus memantau cuaca dan memberikan peringatan kepada warganya apabila kondisinya buruk.

"Kalau cuaca buruk dan diprediksi akan ada gelombang tinggi warga diminta tinggalkan rumah. Peringatan dini penting demi keselamatan kita bersama," ucapnya.

Editor : Donald Karouw