Antisipasi Gelombang Ketiga Pandemi, Ini 3 Langkah yang Disiapkan Pemerintah

Felldy Utama ยท Rabu, 06 Januari 2021 - 08:19:00 WIB
Antisipasi Gelombang Ketiga Pandemi, Ini 3 Langkah yang Disiapkan Pemerintah
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito (Foto: Dok BNPB).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah menyiapkan sejumlah langkah untuk mencegah terjadinya gelombang ketiga pandemi Covid-19 atau third wave. Ancaman ledakan kasus ini bukan hanya di Indonesia, namun juga di berbagai negara belahan dunia lainnya.

"Indonesia saat ini berusaha sebaik mungkin untuk tidak mengalami lonjakan dengan melakukan berbagai upaya," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam jumpa pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (5/1/2021).

Menurutnya ada tiga upaya yang dilakukan pemerintah. Pertama, pembuatan pedoman rekayasa pelayanan kesehatan jika terjadi lonjakan kasus dan menyesuaikan besaran kenaikannya.

Kedua, koordinasi Satgas Penanganan Covid-19 mulai dari tingkat nasional sampai tingkat kelurahan/desa untuk mendukung upaya perubahan perilaku disiplin protokol kesehatan.

"Ini sampai ke tingkat mikro dengan menggunakan sistem pelaporan perubahan perilaku untuk menghasilkan data yang realtime supaya dapat dilakukan tindakan dengan cepat," katanya. 

Editor : Donald Karouw