ATR/BPN Bagikan 2.500 Sertifikat Tanah Gratis untuk Warga Bangka Barat

Rizki Ramadhani ยท Rabu, 01 September 2021 - 16:36:00 WIB
ATR/BPN Bagikan 2.500 Sertifikat Tanah Gratis untuk Warga Bangka Barat
Penyerahan sertifikat tanah secara gratis kepada masyarakat Bangka Barat. Foto: iNews.id/Rizki Ramadhani

BANGKA BARAT, iNews.id - Kantor pertanahan dari Kementerian ATR/BPN Bangka Barat, membagikan 2.500 sertifikat tanah secara gratis kepada masyarakat di sejumlah kecamatan. Kebijakan ini merupakan implementasi dari program redistribusi tanah tahun 2020.

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Bangka Barat Sukirman dan Kepala BPN Bangka Barat Janto Simanjuntak, ke perwakilan masyarakat penerima yang hadir di ruang OR I Setda Kabupaten Bangka Barat, Rabu (1/9/2021). Janto mengakui pelaksanaan program tersebut sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

"Ini merupakan program dari Kementerian ATR/BPN pusat ada sekitar 2.500 sertifikat, sempat tertunda penyerahannya karena pandemi ini. Pemberian ini juga berkat dukungan dari pemerintah Kabupaten Bangka Barat," ujar Janto.

Dia memastikan masyarakat yang menerima sertifikat gratis ini telah memenuhi syarat administrasi. Masyarakat penerima memiliki KTP dan surat tanah.

"Ada petugas kami yang mendata ke masing-masing desa," ucapnya.

Bupati Bangka Barat Sukirman berharap dengan dibagikannya sertifikat tanah ini, konflik lahan di wilayahnya dapat diatasi. Masyarakat tidak perlu lagi pusing mengurus legalitas karena tanah yang dimiliki sudah diakui negara. 

"Jadi masyarakat kita memiliki hak, memiliki nilai atas bidang tanah yang dimiliki. Kemudian dikuatkan dengan identitas yang jelas, sehingga menghindarkan permasalahan dikemudian hari," kata Sukirman.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: