Belitung Gencarkan Penelusuran Kontak Erat Cegah Penyebaran Varian Delta

Antara ยท Jumat, 20 Agustus 2021 - 09:13:00 WIB
Belitung Gencarkan Penelusuran Kontak Erat Cegah Penyebaran Varian Delta
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Belitung, Joko Sarjono, mengungkapkan tingginya penyebaran kasus Covid-19 di Belitung didominasi klaster keluarga. Foto: Antara

BELITUNG, iNews.id - Belitung menggencarkan penelusuran kontak erat untuk mencegah penyebaran kasus Covid-19 varian delta. Direktur RSUD Marsidi Judono Belitung, Hendra, memastikan terdapat lima kasus varian delta berdasarkan uji sampel di Jakarta.

"Penularan varian ini lebih cepat seperti yang terjadi di Kudus, Jawa Tengah," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Belitung, Joko Sarjono, Kamis (19/8/2021).

Joko menyatakan, digencarkannya penelusuran kontak erat merupakan bagian dari strategi untuk mengantisipasi tingginya penyebaran. Penelusuran dilakukan di sejumlah tempat yang terindikasi menjadi wilayah ditemukannya kasus Covid-19 varian delta. 

"Dari satu kasus positif Covid-19 yang terkonfirmasi varian delta kami akan inventarisir kontaknya kemana saja sehingga punya peta gambaran penularan untuk memutus mata rantai penyebarannya," ujar dia.

Direktur RSUD Marsidi Judono Belitung, Hendra, mengatakan, dari enam sampel pasien Covid-19 lima diantaranya positif varian delta. Pemeriksaan tersebut dilakukan di laboratorium Genomik Solidaritas Indonesia (GSI) sesusai ketentuan Kementerian Kesehatan beralamat di jalan Kartini, Cilandak, Jakarta Selatan.

"Hasilnya dari enam sampel tersebut lima diantaranya terkonfirmasi positif Covid-19 varian delta," ujarnya. 

Editor : Erwin C Sihombing

Follow Berita iNewsBabel di Google News

Bagikan Artikel: