Buaya Penerkam Penjala Ikan di Pelalawan Ditemukan Mati Penuh Luka

Banda Haruddin Tanjung · Rabu, 22 Juni 2022 - 16:42:00 WIB
Buaya Penerkam Penjala Ikan di Pelalawan Ditemukan Mati Penuh Luka
Tim BBKSDA Riau mengevakuasi buaya yang diduga menerkam penjala ikan. (Foto: MPI/Banda Haruddin Tanjung)

PEKANBARU, iNews.id - Seekor buaya jenis sinyulong (Tomistoma schlegelii) ditemukan mati dengan kondisi penuh luka di aliran kanal Desa Terbangiang, Kecamatan Bandar Petalangan, Kabupaten Pelalawan, Riau. 

Buaya tersebut diduga yang menerkam penjala ikan, Katius Zebua. Peristiwa itu terjadi saat pemuda berusia 21 tahun ini sedang menjala ikan.

Plt Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Fifin Arfiana Jogasara mengatakan, tim sudah ke lokasi untuk mengevakuasi hewan predator itu.

"Tim segera turun ke lokasi. Beberapa hari sebelumnya juga telah turun tim ke lokasi yang sama terkait konflik buaya menerkam seorang pekerjaan buruh harian PT CAS," kata Fifin Arfiana Jogasara, Rabu (22/06/2022).

Tim BBKSDA mengandeng sejumlah pihak yakni, BPBD Kabupaten Pelalawan, kelompok pencinta satwa dan PT CAS. Selanjutnya dilakukan evakuasi bangkai buaya yang berada sekitar 200 meter dari lokasi konflik.

"Hasil identifikasi buaya dari jenis buaya sinyulong dengan panjang 420 cm dan lebar 75 cm, berjenis kelamin betina terdapat luka akibat senjata tajam pada area sekitar belakang mata sebelah kiri," katanya.

Atas temuan itu, tim menyampaikan sosialisasi dan penyuluhan terkait satwa yang dilindungi khususnya buaya sinyulong kepada pihak PT CAS dan memasang spanduk peringatan habitat buaya.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: