Bupati Bateng Bahas RPJMD Bersama Bupati dan Wabup Terpilih Periode 2021-2026

Rizqa Leony Putri ยท Jumat, 22 Januari 2021 - 17:18:00 WIB
Bupati Bateng Bahas RPJMD Bersama Bupati dan Wabup Terpilih Periode 2021-2026
Bappelitbangda Kabupaten Bangka Tengah telah melaksanakan pemaparan RPJMD.

BANGKA TENGAH, iNews.id - Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah melaksanakan pemaparan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2021-2026. Acara tersebut diselenggarakan di Hotel Soll Marina Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (20/1/2021).

Turut hadir dalam acara tersebut, yaitu Bupati Bangka Tengah, sekretaris daerah Kabupaten Bangka Tengah, staf ahli, asisten dan para Kepala OPD. Kemudian, ada Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2021-2026.

Sebelum memulai sambutannya Bupati Bangka Tengah, Yuliyanto Satin terlebih dahulu memperkenalkan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Tahun 2021-2026 kepada seluruh hadirin dalam acara tersebut. Dalam sambutannya, Yuliyanto Satin mengatakan bahwa RPJMD Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2021-2026 merupakan pedoman penilaian keberhasilan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Bupati dan Wakil Bupati terpilih berkewajiban menyusun RPJMD dan menetapkannya dalam bentuk Perda paling lama enam bulan setelah kepala daerah terpilih dilantik, sebagaimana di atur dalam pasal 264 ayat (4) Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 dan berdasarkan edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 640/16/SJ/2021 tentang Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah Pascapemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020," kata Yuliyanto, dikutip Jumat (22/1/2021).

"Bagi daerah yang melaksanakan Pilkada serentak tahun 2020, menyusun dokumen RPJMD untuk periode tahun 2021-2026 untuk menjamin terciptanya sinergi kebijakan dan sinkronisasi program secara vertikal antar tingkat pemerintahan yang berbeda," ujarnya menambahkan.

Menurut Yuliyanto, visi dan misi kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih juga menggambarkan arah pembangunan atau kondisi masa depan daerah yang ingin dicapai dalam masa jabatan selama lima tahun.

"Marilah bersama-sama kita mendengarkan arahan dan penyampaian visi misi bupati terpilih dalam membangun Bangka Tengah semakin unggul sesuai dengan harapan kita bersama," kata Yuliyanto.

Pada kesempatan yang sama bupati terpilih tahun 2021-2024, Algafry Rahman juga menyampaikan paparan visi dan misinya. Ucapan terima kasih kepada Bupati Bangka Tengah, Yuliyanto Satin diucapkan Algafry karena telah mengundang dirinya beserta Wakil Bupati terpilih, Herry Erfian untuk hadir menyampaikan visi dan misi di dalam RPJMD.

"Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017, bahwa bupati dan wakil bupati untuk menyampaikan visi dan misinya sebagai dasar perumusan prioritas pembangunan Kabupaten Bangka Tengah," ujar Algafry.

Adapun visi bupati dan wakil bupati terpilih, yaitu membangun Bangka Tengah semakin unggul. Sementara misi keduanya adalah sebagai berikut.

Misi :

1. Meningkatkan SDM yang unggul dan berkualitas berdasarkan iman dan takwa

2. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi kerakyatan yang unggul dan berkelanjutan melalui penguasaan dan pengembangan IPTEK

3. Meningkatkan sarana dan prasarana publik yang unggul dan merata

4. Mewujudkan lingkungan yang unggul serta berkelanjutan

5. Meningkatkan pelayanan publik dan penyelenggaraan pemerintahan yang unggul

Kemudian, berbagai program prioritas dalam segala bidang, yaitu bidang perikanan, bidang kesehatan, pendidikan. Program tersebut harus disinkronisasi di dalam RPJMD untuk mewujudkan visi dan misi.

"Harapannya, kami dapat bersama-sama dengan Kepala OPD untuk bisa mendukung dan membantu kami, serta berkomitmen untuk bersama-sama memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Bangka Tengah dengan bekerja secara optimal," kata Algafry.

Acara kemudian diakhiri dengan dilakukannya sinkronisasi visi dan misi bupati terpilih dengan kegiatan yang ada oleh kepala perangkat daerah. (CM)

Editor : Rizqa Leony Putri