Cuaca Buruk, Ratusan Kapal Tambang Timah Merapat di Pelabuhan Pangkalbalam

Antara ยท Selasa, 16 Februari 2021 - 13:01:00 WIB
Cuaca Buruk, Ratusan Kapal Tambang Timah Merapat di Pelabuhan Pangkalbalam
Suasana di Pelabuhan Pangkalbalam, Bangka Belitung dipenuhi ratusan Kapal Isap Produksi (KIP) penambang biji timah. (Foto: Antara)

PANGKALPINANG, iNews.id - Cuaca buruk dalam beberapa hari terakhir membuat ratusan kapal penambang timah atau Kapal Isap Produksi (KIP) memadati alur pelayaran di Pelabuhan Pangkalbalam, Bangka Belitung. Mereka tak berlayar menanti cuaca buruk mereda.

"Saat ini ada ratusan KIP bersandar di pinggir alur pelayaran pelabuhan agar tidak mengganggu keluar-masuk kapal barang dan penumpang di Pelabuhan Pangkalbalam " kata Plt Kepala KSOP Pangkalbalam, Harlansyah di Pangkalpinang, Selasa (16/2/2021).

Dia mengatakan, selama kondisi cuaca di perairan memburuk, KIP terpaksa menghentikan aktivitas penambangan timah di laut. Hal itu untuk mengantisipasi kecelakaan di laut akibat cuaca buruk.

Selain berteduh, KIP juga melakukan perbaikan-perbaikan peralatan tambang dan kapalnya sebagai persiapan penambangan timah di laut jika kondisi cuaca sudah membaik.

"KIP ini dipungut pajak tambatan pinggiran untuk disetor ke negara," katanya.

Terkait cuaca buruk, KSOP Pelabuhan Pangkalbalam telah mengimbau para nahkoda kapal dan nelayan untuk lebih waspada saat berada di perairan agar tidak terjadi kecelakaan.

"Saat kita belum menerima laporan adanya gangguan pelayaran kapal akibat kapal-kapal tambang timah ini," katanya.

Editor : Reza Yunanto