Demo Bela UAS Ditolak Masuk Singapura, Warga Riau Akan Long March usai Salat Jumat

Banda Haruddin Tanjung ยท Jumat, 20 Mei 2022 - 10:01:00 WIB
Demo Bela UAS Ditolak Masuk Singapura, Warga Riau Akan Long March usai Salat Jumat
Warga Pekanbaru, Riau akan menggelar demo bela Uztaz Abdul Somad yang dilarang masuk Singapura usai salat jumat. (Foto: MPI/Banda Haruddin)

PEKANBARU, iNews.id - Warga Pekanbaru, Riau akan menggelar demo membela Ustaz Abdul Somad (UAS) yang ditolak masuk Singapura. Ratusan warga akan menggelar long march usai salat jumat.

"Kita akan long march dari Mesjid Annur dimulai sekitar pukul 13.30 Wib menuju jalan Diponegoro. Di Tugu Perjuangan kita akan melakukan orasi sekitar satu jam," kata Koordinator Lapangan masa aksi demo bela UAS Ustaz Alnof Dinar, Jumat (19/5/2022).

Menurut dia, peserta aksi bela UAS ini terdiri atas berbagai elemen, ormas dan komunitas yang ada di Riau. Diawali dengan long march dari halaman Masjid Raya Annur Pekanbaru menuju monumen perjuangan.

"Namun dalam aksi ini kita lepaskan semua atribut dan bendera, kita semua menjadi satu masyarakat Riau Bela UAS," ucapnya.

Alnof Dinar mengatakan, selain terkait pelarangan UAS masuk ke Singapura, aksi ini juga terkait tudingan miring ekstremis dan segregasionis terhadap UAS.

"Hal ini seiring dengan pelarangan masuk Singapura serta perlakuan tidak manusiawi yang menimpa UAS, keluarga dan anak yang masih berumur 3 bulan di imigrasi Singapura. Ditambah tuduhan ekstremis dan segregasionis," katanya.

Aksi ini diawali dengan longmarch start dari halaman Masjid Raya Annur Pekanbaru . Kemudian masa aksi damai  menuju monumen perjuangan.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: