Diduga Gunakan Surat Rapid Antigen Palsu, 12 Penumpang Kapal di Bangka Barat Diamankan

Rizki Ramadhani · Senin, 18 Januari 2021 - 18:51:00 WIB
Diduga Gunakan Surat Rapid Antigen Palsu, 12 Penumpang Kapal di Bangka Barat Diamankan
Surat keterangan hasil rapid antigen yang diduga palsu, (Foto: iNews.id/Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, iNews.id - Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat mengamankan 12 orang penumpang kapal ferry dari Musi Banyuasin di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Senin (18/1/2021). Mereka diamankan lantaran diduga menggunakan surat keterangan hasil rapid antigen palsu.

Dugaan pemalsuan surat hasil rapid antigen tersebut berawal dari kecurigaan petugas melihat 12 penumpang kapal tersebut memiliki surat yang sama.

"Petugas menemukan 12 penumpang ini dalam satu rombongan dengan surat hasil rapid yang sama. Mereka mengaku tidak diambil sampel usap dari kedua lubang hidung, baik kiri dan kanan," kata Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, Sidharta Gautama, Senin (18/1/2021). 

Sidharta mengatakan, pihaknya sedang mendalami dari mana para penumpang bisa mendapatkan surat antigen tersebut, termasuk berkoordinasi dengan pihak klinik yang bersangkutan. 

"Kami sedang berkoordinasi dengan klinik yang bersangkutan. Terkait kemungkinan surat dikeluarkan dari pihak klinik maupun adanya calo, kami masih menyelidiki itu semua. Mudah-mudahan ada titik terang," katanya.

Editor : Ikhsa Firmansyah