Disparbudkepora Babel Gelar Pelatihan Kader Inti Pemuda Anti Narkoba

Rizqa Leony Putri ยท Senin, 18 Oktober 2021 - 22:05:00 WIB
Disparbudkepora Babel Gelar Pelatihan Kader Inti Pemuda Anti Narkoba
Disparbudkepora Babel kembali menggelar pelatihan Kader Inti Pemuda Anti Narkoba. (Foto: dok Disparbudkepora Babel)

PANGKALPINANG, iNews.id - Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga (Disparbudkepora) Bangka Belitung (Babel) kembali menggelar pelatihan Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (KIPAN) yang diselenggarakan di Fox Harris Hotel, Pangkalpinang.

 

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas (Kadis) Parbudkepora Babel Suharto didampingi Kabid Kepemudaan dan Kepramukaan Arwendi, Senin (18/10/2021).

 

Pelatihan bertemakan 'Melalui Sumpah Pemuda Bersama Kita Bangun Pemuda yang Sehat, Semangat dan Berintegritas Tanpa Narkoba di Provinsi Kepulauan Babel' ini berlangsung selama empat hari, yaitu 18-21 Oktober 2021 mendatang. 

Kadis Parbudkepora Babel Suharto dalam sambutannya mengatakan, tingkat penyalahgunaan narkoba di Babel pada 2016 menduduki peringkat enam di Indonesia. Dengan hal tersebut, menurutnya, KIPAN sangat diperlukan dan menjadi ujung tombak dalam memerangi narkoba dimulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

 

"Kalian di sini sebagai kader ditunjuk bukan main-main, kalian juga adalah sebagai pemimpin dan generasi pemuda untuk memerangi masalah narkoba, jangan sampai terkontaminasi, insting harus berjalan ketika turun di masyarakat dan hukumnya wajib untuk menyelamatkan generasi penerus," katanya.

 

Dijelaskannya, tugas KIPAN di era perkembangan teknologi sekarang ini sangat berat, maka dibutuhkan ilmu untuk turun ke masyarakat, sehingga tujuan KIPAN ini dapat berjalan dengan baik.

 

"Melalui pelatihan ini, saya yakin pada kalian semua untuk dapat mengemban tugas berat ini. Jalani pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, persiapkan diri, kalian harus punya strategi, jaga negara dan Babel ini, dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab, harus berani melawan," tuturnya.

 

Di akhir sambutannya, dia menyampaikan kepada seluruh peserta pelatiha KIPAN salah satu tujuan pemerintah daerah dalam membina dan menyelamatkan generasi muda adalah dapat terlibat dan berperan aktif dalam masyarakat. 

 

Melalui pelatihan KIPAN ini, diharapkan generasi muda Babel menjadi generasi emas yang dapat berpikir dan bergerak positif demi kemajuan bangsa dan negara, khususnya Babel. 

 

Pelatihan KIPAN merupakan salah satu program Kementerian Pemuda dan Olahraga RI yang diharapkan dapat berperan dalam memerangi narkoba dan menjadi agen perubahan dalam masyarakat. Kemudian, juga meningkatkan kepedulian pemuda, sehingga menjadi pemuda bersih narkoba atau 'pemuda bersinar'.

 

Untuk seleksi Pelatihan KIPAN kedua ini, diikuti sebanyak 56 orang pemuda-pemudi dari kota Pangkalpinang, setelah seleksi hanya 28 orang peserta yang lolos dan terpilih mengikuti pelatihan tersebut.

 

Pelatihan KIPAN 2021 yang digelar di Pangkalpinang ini adalah yang kedua, sebelumnya telah dikukuhkan KIPAN Bangka Tengah oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Babel Naziarto. 

 

Pembukaan Pelatihan kali ini, turut dihadiri Kasubag Pengembangan Pemuda Dispora Pangkalpinang Suwardi, pejabat eselon Disparbudkepora Babel, perwakilan KIPAN Babel, beserta seluruh peserta Pelatihan KIPAN.

(CM)

Editor : Rizqa Leony Putri

Bagikan Artikel: