Hari Lahir Pancasila, Kapolda Babel: Masyarakat Jangan Mau Dipecah Belah

Antara · Selasa, 01 Juni 2021 - 13:25:00 WIB
Hari Lahir Pancasila, Kapolda Babel: Masyarakat Jangan Mau Dipecah Belah
Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Irjen Anang Syarif Hidayat, meminta masyarakat menjadikan Hari Lahir Pancasila sebagai momentum mempererat persatuan. Kapolda tidak ingin Babel mengalami gejala perpecahan. Foto: Antara

PANGKALPINANG, iNews.id - Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Irjen Anang Syarif Hidayat, meminta masyarakat menjadikan Hari Lahir Pancasila sebagai momentum dalam mempererat persatuan. Kapolda meminta masyarakat tidak mudah diprovokasi apalagi sampai memecah belah kerukunan di Babel. 

Menurut Anang, Babel memiliki masyarakat yang beragam. Keberagaman ini merupakan kekayaan yang harus dirawat dan dijaga, bukan dijadikan bahan perpecahan.

"Keberagaman ini, keniscayaan, kenyataan yang harus kita hadapi. Tetapi persatuan dan kesatuan tidak boleh kita tinggalkan, keberagaman bukan berarti menjadi perpecahan, tetapi justru menjadi warna keindahan dan harus disatukan," kata Kapolda Anang, Selasa (1/6/2021).

Dia mengatakan, di provinsi lain masih ada gejala-gejala yang berkaitan dengan masalah keberagaman. Kapolda tidak ingin gejala-gejala perpecahan muncul di Babel.

Dia mengajak seluruh masyarakat menjadikan momentum peringatan Hari Lahir Pancasila sebagai perekat bangsa. Sebab Pancasila merupakan pemersatu bangsa bukan sebaliknya.

"Di Bangka Belitung terdiri dari berbagai macam suku ras, adat, budaya, bahasa, dan agama, walaupun mayoritas masyarakat melayu Bangka, tetapi masih ada percik-percik yang lain. Jadikan ini suatu pelajaran bagi kita bahwa keberagaman yang kita tata dan rawat dengan sebaik-baiknya akan membuat suasana akan nyaman dan damai," ujarnya.

Editor : Erwin Sihombing