Ini Strategi Bangka Barat Bangkitkan Sektor Pariwisata di Masa Pandemi

Rizki Ramadhani ยท Jumat, 08 Januari 2021 - 16:55:00 WIB
Ini Strategi Bangka Barat Bangkitkan Sektor Pariwisata di Masa Pandemi
Wisma pesanggrahan salah satu destinasi wisata sejarah di Kabupaten Bangka Barat. (Foto: iNews.id/Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, iNews.id – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat mengagas beberapa program dan kegiatan di tahun 2021 sebagai strategi dan target kinerja di bidang pariwisata daerah. Salah satunya kembali mengadakan event-event dengan menggaet komunitas-komunitas. 

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat, Bambang Haryo Suseno mengatakan, kondisi masa pandemi Covid-19 di tahun 2020 lalu, kegiatan seperti event wisata, acara tradisi budaya, sejarah, kesenian, bahkan olahraga wisata yang biasanya difasilitasi oleh dinas dengan terpaksa ditiadakan. 

“Kunjungan wisata ke Bangka Barat hanya berkisar 30 pesen dari tahun sebelumnya (2019). Hal tersebut berdampak terhadap kontribusi produk domestik ratio bruto (PDRB) dari sektor pariwisata dan pendapatan asli daerah (PAD),” katanya, Jumat (8/1/2021).

Menurut dia, kolaborasi dengan para pihak mulai dari sisi koordinasi terkait dengan pelaksanaan event wisata, pemasaran, hingga pembinaan tata kelola. Tentunya dengan pertimbangan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Beberapa rencana fasilitasi kegiatan wisata seperti heritage run, sepeda lipat, serta fasilitasi atas kegiatan komunitas berbagai minat akan digagas," ujarnya.

Editor : Ikhsa Firmansyah

Halaman : 1 2