Kapal Setop Operasi, KSOP Pastikan Tidak Ada Pemudik Melintasi Tanjung Pandan

Antara · Jumat, 07 Mei 2021 - 14:45:00 WIB
Kapal Setop Operasi, KSOP Pastikan Tidak Ada Pemudik Melintasi Tanjung Pandan
Suasana terminal pelabuhan penumpang Tanjung Pandan tampak sepi dari pemudik terhitung enam hari menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah. Foto: Antara

BELITUNG, iNews.id - Kepala Kantor Syahbandar dan Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung (Babel), Anggiat Dauglas Silitonga memastikan tidak ada pemudik yang masuk atau keluar melalui Tanjung Pandang. Sebab operator kapal cepat Express Bahari tidak beroperasi selama larangan mudik Lebaran.

Menurutnya, keputusan operator kapal cepat Express Bahari tidak beroperasi mengikuti pemberlakuan larangan mudik lokal antar Bangka dan antar Belitung atau sebaliknya, sesuai dengan hasil keputusan Gubernur Babel, untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. Maka aktivitas di pelabuhan sekarang ini sebatas bongkar muat logistik.

"Dengan demikian dapat kami pastikan tidak ada pemudik melalui Pelabuhan Tanjung Pandan seiring tidak beroperasinya operator kapal cepat Express Bahari," kata Anggiat, di Tanjung Pandan, Jumat (7/5/2021).

Apabila tidak ada larangan dan keputusan gubernur, Express Bahari akan mengangkut penumpang pada sekarang ini. Dengan adanya pembatalan maka sudah menjadi tanggung jawab perusahaan untuk menginformasikan calon penumpang yang sudah membeli tiket.

Dia menambahkan, selama masa pelarangan mudik diberlakukan dipastikan aktivitas bongkar muat bahan kebutuhan pokok di pelabuhan tersebut tetap berjalan normal seperti biasanya. Posko pelayanan terpadu Idul Fitri 1442 Hijriah di pelabuhan juga tetap beroperasi dengan melibatkan sejumlah unsur di dalamnya.

"Jika ada informasi perubahan atau terbaru selama masa larangan mudik 6 sampai 17 Mei mendatang kami akan sampaikan kepada masyarakat," kata dia.

Editor : Erwin Sihombing