Kapolda Babel Sarankan Zona Merah Covid-19 Tak Gelar Sholat Idul Adha di Masjid

Donald Karouw · Sabtu, 17 Juli 2021 - 11:27:00 WIB
Kapolda Babel Sarankan Zona Merah Covid-19 Tak Gelar Sholat Idul Adha di Masjid
Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Irjen Pol Anang Syarif Hidayat. (Foto: Polda Babel)

BANGKA, iNews.id - Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Irjen Pol Anang Syarif Hidayat menyarankan wilayah yang berada dalam zona merah Covid-19 agar tidak melaksanakan Sholat Idul Adha di masjid. Sementara di zona kuning dan hijau diizinkan melaksanakan sholat id  dengan catatan memperketat ketentuan protokol kesehatan Covid-19.

“Idul Adha, untuk daerah yang zona-zona merah untuk disarankan tidak melaksanakan sholat id. Tetapi zona lainnya kuning dan hijau diizinkan, tentunya dengan penerapan prokes ketat,” ujar Kapolda di sela acara penyaluran sarana prasarana prokes Covid-19 di Masjid Jami At-Taqwa, Desa Airmesu, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Jumat (16/7/2021).

Selain itu, Kapolda juga berharap pelaksanaan sholat id nantinya sesuai prokes Covid-19 yang dianjurkan pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Seperti memberi jarak shaf para jemaah.

“Tidak usah terlalu rapat, kemudian semuanya wajib menggunakan masker. Khutbah juga agar tidak terlalu lama. Banyak anjuran-anjuran yang dilakukan MUI untuk kita pedomani dan taati,” katanya.

Begitu juga soal pemotongan hewan kurban, yang diharapkan nantinya dibagikan secara door to door. Langkah ini diambil supaya tidak menimbulkan kerumunan saat proses pembagian daging kurban.

“Pemotongan juga agar dilakukan di tempat pemotongan hewan. Nanti dagingnya diantar bukan mengumpulkan masyarakat," ucapnya.

Editor : Donald Karouw