Kapolda Babel Terima Gelar Datuk Radendo dari Kesultanan Palembang

Erwin C Sihombing · Rabu, 28 Juli 2021 - 17:14:00 WIB
Kapolda Babel Terima Gelar Datuk Radendo dari Kesultanan Palembang
Kapolda Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat menerima gelar Panglima Datuk Radendo Panglima Negeri dari Kesultanan Palembang. Penyematan dilaksanakan di Mapolda Babel, Selasa (27/7/2021). Foto: Polda Babel

JAKARTA, iNews.id - Kapolda Bangka Belitung (Babel), Irjen Pol Anang Syarif Hidayat menerima gelar Panglima Datuk Radendo dari Kesultanan Palembang. Pangeran Ratu Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja Sultan Mahmud Baddarudin IV Palembang Darussalam, dan Kanjeng Raden Temenggung Dato Radendo Sri Ramli Sutanegara menyematkan langsung gelar tersebut di gedung Tribrata Polda Babel, Selasa (27/7/2021).

“Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kehormatan besar yang telah diberikan kepada saya,” kata Kapolda usai menerima penganugrahan itu, dikutip dari laman resmi Polda Babel, Rabu (28/7/2021).

Anang memaknai gelar tersebut secara positif. Terdapat makna filosofis, harapan serta tanggung jawab dari pemberian gelar ini.

“Pada kesempatan baik ini saya ingatkan, aset terbesar bangsa ini adalah persatuan dan kerukunan untuk itu mari kita jaga bersama adat istiadat masing-masing daerah dengan mengutamakan rasa toleransi, tenggang rasa dan saling memiliki,” kata Anang.

Sultan Mahmud Badarudin IV menilai, pemberian gelar tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada Anang yang telah melaksanakan kegiatan kamtibmas di Babel dengan melibatkan masyarakat adat. Anang pada hari pertama menjabat Kapolda Babel mendatangi dan meminta restu tokoh-tokoh adat.

"Dalam melakanakan tugas sangat tegas sekali seperti pada penindakan kasus narkoba yang berhasil diungkap oleh Polda Babel yang pada saat itu ada 200 kg narkoba. Oleh karena itu kami patut memberikan penghargaan," katanya.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: