Kebakaran Hebat Hanguskan Belasan Rumah Warga di Desa Jelutung, Kerugian Rp1 Miliar

Wiwin Suseno · Jumat, 30 Juli 2021 - 09:37:00 WIB
Kebakaran Hebat Hanguskan Belasan Rumah Warga di Desa Jelutung, Kerugian Rp1 Miliar
Belasan rumah dan dua gudang walet di Dusun Serdang, Desa Jelutung II, Simpang Rimba, Bangka Selatan, hangus terbakar pada Kamis (29/7/2021). Foto: iNews.id/Wiwin Suseno

BANGKA SELATAN, iNews.id - Kebakaran hebat yang melanda Dusun Serdang, Desa Jelutung II, Simpang Rimba, Bangka Selatan, pada Kamis (29/7/2021), menghanguskan 16 rumah dan dua gudang walet. Kerugian ditaksir mencapai Rp1 miliar.

"Jadi kebakaran itu sekitar pukul 03.30 WIB, membakar 16 rumah dan dua gudang walet. (Kerugian) sekitar Rp1 miliar," kata Pelaksana tugas (Plt) Kasatpol PP dan Damkar Bangka Selatan, Firmansyah.

Kebakaran hebat yang terjadi di dusun pedalaman itu diduga berasal dari percikan api yang dimainkan seorang anak di sebuah rumah. Api menjalar dan membesar sehingga melahap belasan rumah semipermanen.

Menurut Firmansyah, lokasi kejadian yang cukup jauh dari pusat kota membuat petugas damkar kesulitan untuk memberikan pertolongan. Bahkan petugas terpaksa balik arah.

Api baru bisa dipadamkan kurang lebih satu setengah jam  setelah kejadian. Warga melakukan pemadaman dengan menggunakan peralatan seadanya.

"Penyebabnya ada anak main api, percikan langsung menyambar rumah warga lain. Korban tidak ada tetapi rumah 16 dan dua gedung walet hangus terbakar," kata Firmansyah.

Editor : Erwin C Sihombing