Kebakaran Lahan 1,5 Hektare di Bangka Tengah, Diduga Sengaja Dibakar Warga

Antara ยท Sabtu, 20 Agustus 2022 - 15:20:00 WIB
Kebakaran Lahan 1,5 Hektare di Bangka Tengah, Diduga Sengaja Dibakar Warga
Kebakaran lahan 1,5 hektare di Desa Kurau, Bangka Tengah. (ANTARA)

BANGKA TENGAH, iNews.id - Lahan seluas 1,5 hektare di pesisir pantai Desa Kurau, Bangka Tengah terbakar. Diduga ada masyarakat yang sengaja membakar.

"Kami belum bisa memastikan titik apinya dari mana. Dugaan sementara ada oknum masyarakat yang sengaja atau tidak sengaja membakarnya," ujar Kepala Bidang Damkar Bangka Tengah, Ari Purnama di Koba, Sabtu (20/8/2022).

Ari menjelaskan, kebakaran terjadi pada Jumat (19/8). Lahan yang terbakar terbentang dari Desa Kurau hingga Desa Terentang dan merupakan lahan gambut yang dipenuhi ilalang.

Di dalam hutan gambut tersebut juga ditumbuhi pohon kelapa dan tanaman pantai lainnya.

"Jadi saat terbakar akan cepat menjalar dan meluas sehingga sulit dikendalikan," ujarnya.
 
Menurutnya hutan yang terbakar ini posisinya lebih ke darat dan posisinya memanjang mengikuti garis pantai. Hutan tersebut berbeda dengan hutan mangrove yang dekat ke pantai. 

Namun hutan yang terbakar itu berdekatan dengan hutan mangrove. Petugas damkar pun berusaha mencegah api menjalar ke hutan mangrove. keduanya berdekatan.

"Kami langsung melakukan lokalisir dengan mengamankan hutan mangrove dan memadamkan api yang berpotensi menjalar hingga ke sejumlah pondok yang ada di dekatnya," tuturnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: