Kelenteng Tertua di Pulau Bangka Terapkan Prokes untuk Sembahyang Imlek

Antara ยท Selasa, 01 Februari 2022 - 11:41:00 WIB
Kelenteng Tertua di Pulau Bangka Terapkan Prokes untuk Sembahyang Imlek
Warga Tionghoa bersembahyang di Kelenteng Kwan Tie Miau, yang merupakan kelenteng tertua di Pulau Bangka. (Foto: Antara).

PANGKALPINANG, iNews.id - Kelenteng Kwan Tie Miau di Kota Pangkalpinang merupakan kelenteng tertua di Pulau Bangka. Kelenteng ini menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat untuk persembahyangan Tahun Baru Imlek.

Selasa (1/2/2022) pagi, warga Tionghoa telah berdatangan ke kelenteng untuk sembahyang bergiliran.

"Kami bersyukur perayaan Imlek di tengah pendemi ini berjalan lancar dan sesuai prokes yang ditetapkan pemerintah," ujar Acung, pengurus kelenteng yang sudah berusia lebih dari 200 tahun ini.

Seluruh umat yang akan bersembahyang diwajibkan menggunakan masker, menjaga jarak dari kerumunan, dan bergantian.

Satgas Covid-19 tampak berjaga di dalam dan luar Kelenteng Kwan Tie Miau untuk memastikan warga Tionghoa aman menjalankan sembahyang.

Acung mengaakan, pengunjung kelenteng tak seramai dulu saat sebelum pandemi menyerang. Saat itu, pengunjung yang datang juga dari luar Kota Pangkalpinang untuk berwisata di bangunan bersejarah ini.

"Dalam dua tahun terakhir, wisatawan berkunjung ke kelenteng bersejarah ini berkurang karena pengetatan pelaku perjalanan selama pandemi," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: