Kosongkan Rumah Dinas yang Ditempati Pensiunan, PT Timah Kerahkan Aparat Gabungan

Haryanto ยท Rabu, 18 November 2020 - 23:07:00 WIB
Kosongkan Rumah Dinas yang Ditempati Pensiunan, PT Timah Kerahkan Aparat Gabungan
Puluhan aparat gabungan saat mengawal eksekusi pengosongan rumah dinas PT Timah yang ditempati pensiunannya. (Foto : iNews/Haryanto)

PANGKALPINANG, iNews.id - Aparat gabungan dari Kepolisian, TNI, Satpol PP, termasuk pihak kejaksaan hingga satpam, dikerahkan untuk mengosongkan rumah dinas yang masih dihuni pensiunan PT Timah di Pangkalpinang, Rabu (18/11/20). Namun upaya pengosongan itu, sempat mendapat penolakan dari pihak penghuni rumah.

"Hari ini PT Timah dengan bawa-bawa aparat Kepolisian, TNI, Satpol PP, mau melakukan pengosongan rumah, setelah ada somasi yang mereka layangkan berisi membayar sewa sekitar Rp200 jutaan," kata Febri, salah satu anak dari pensiunan PT Timah yang masih mendiami rumah tersebut.

Febri yang enggan kediaman orang tuanya dikosongkan itu, meminta perusahaan pelat merah tersebut lebih dulu menghormati proses hukum. Karena pihaknya tengah melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri Pangkalpinang, untuk menyelesaikan perkara ini.

"Jika nanti hasil dari persidangan susah selesai silakan. Kami menempati rumah ini ada SK (Surat Keputusan) menteri keuangan, dulu waktu zaman PT Timah mau pailit lalu pengurangan karyawan dan melepas aset-asetnya yang perlu dijual," ucapnya.

Menurut Febri, mereka tidak berharap banyak kepada PT Timah sebagai tanda jasa pengabdian orang tuanya yang sudah puluhan tahun mengabdi. Apalagi rumah tersebut sudah 40 tahun ditempati orang tuanya.

"Gugatan kami agar bisa memiliki rumah ini, kalau tidak, ada solusi lah. Apakah dikasih di tanah terbangkalai dibangun rumah bagi orang tua kami sebagai pensiunan di usia senjanya. Itu saja, gak muluk-muluk kok," ujarnya.

Karena mendapat pertentangan, PT Timah urung mengeksekusi rumah orang tua Febri. Namun sejumlah rumah dinas lainnya berhasil mereka kosongkan. Kemudian menggunakan mobil truk, petugas angkut yang dikawal ketat aparat, satu persatu mengangkut barang-barang dari dalam rumah dinas ke dalam bak mobil.

Humas PT Timah, Anggi mengatakan, persoalan yang bukan kali pertama terjadi itu, sudah mereka upayakan mediasi.

"Kami dari perusahaan sebelumnya telah melakukan langkah-langka dengan menyurati dan mengimbau. Namun saat ini karena belum menemukan kesepakatan sekarang menjadi domainnya kejaksaan, hingga hari ini dilakukan pengosongan rumah itu," ucapnya.


Editor : Ikhsa Firmansyah