Lestarikan Budaya Melayu, Budayawan Babel Datuk Ibnu Hadjar Raih Penghargaan Kemendikbud

Antara ยท Minggu, 22 November 2020 - 12:54:00 WIB
Lestarikan Budaya Melayu, Budayawan Babel Datuk Ibnu Hadjar Raih Penghargaan Kemendikbud
Budayawan Bangka Belitung Datuk Ibnu Hadjar meraih penghargaan pelestari kebudayaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Minggu (22/11/2020). (Antara)

PANGKAL PINANG, iNews.id - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menganugerahkan Pin Lesatan Garuda dan Penghargaan Pelestari Budaya untuk Datuk Ibnu Hadjar. Budayawan Bangka Belitung (Babel) itu dinilai berjasa melestarikan adat budaya Melayu Bangka.

"Dedikasi dan pengabdian Ibnu Hadjar sebagai Pelestari Adat Melayu Bangka, beliau pantas menerima penghargaan di bidang seni dan budaya ini," tutur perwakilan Kemendikbud, Iskandar Eko Priono saat memberi penghargaan tersebut di Pangkalpinang, Minggu (22/11/2020).

Dia menyebut, Ibnu Hadjar merupakan satu dari tujuh orang budayawan lain di Indonesia yang menerima penghargaan "Pelestari Budaya" dan pin Lesatan Garuda tahun ini.

"Pin ini berbentuk lesatan garuda yang terbang menjelajah menguasai langit dan membawa keanggunan kebudayaan nusantara di penjuru negeri ini," ujarnya.

Gubernur Babel Erizaldi Rosman yang ikut menyaksikan penyerahan penghargaan ini memberi apresiasi. Dia menyebut Ibnu Hadjar telah mengharumkan nama Babel dan patut dijadikan contoh generasi muda.

"Beliau adalah sosok yang pantas untuk menjadi contoh bagi generasi muda atas konsistensinya melestarikan kebudayaan Babel," katanya.


Editor : Reza Yunanto