Lima Nakes di Bangka Tengah Positif Covid-19 usai Disuntik Vaksin

Rachmat Kurniawan ยท Kamis, 18 Februari 2021 - 13:05:00 WIB
Lima Nakes di Bangka Tengah Positif Covid-19 usai Disuntik Vaksin
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, dr Bahrun Siregar Sutrisno. (Foto:iNews.id/Rachmat Kurniawan).

BANGKA TENGAH, iNews.id - Lima tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung positif terjangkit Covid-19. Padahal, beberapa hari sebelumnya kelima nakes itu menerima vaksin Sinovac.

Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, dr Bahrun Siregar Sutrisno mengatakan, tidak ada nakes yang mengalami efek samping fatal usai menerima vaksin. Namun diakuinya memang ada nakes yang malah terpapar Covid-19 usai divaksin.

"Dari hasil penyuntikan vaksin Covid-19 kepada nakes kita, tidak ada yang mengalami efek samping fatal. Namun memang ada lima orang yang terpapar Covid-19 setelah disuntik," ujarnya, Kamis (18/2/2021).

Dia mengatakan, penyuntikan vaksin Covid-19 tahap kedua untuk nakes di Bangka Tengah dilakukan pada 16 Februari 2021. Diduga kelima nakes itu sudah terpapar virus corona sebelum disuntik.

"Kita perkirakan hal tersebut karena pada saat disuntik nakes tersebut telah terinfeksi Covid-19," tuturnya.

Dia menambahkan, kendati ada nakes yang positif Covid-19 setelah disuntik, vaksinasi di Bangka Tengah tetap akan dilanjutkan. Menurut rencana vaksinasi akan rampung pada akhir pekan ini.

Menurutnya pada tahap pertama vaksinasi, dari target 1.322 nakes baru 900 orang lebih yang disuntik vaksin. Pada tahap kedua jumlahnya akan bertambah banyak. 

"Pada tahap kedua ini jumlah nakes yang menerima vaksin dimungkinkan akan lebih banyak, karena nakes yang tahap pertama menderita sakit dapat menerima vaksin di tahap kedua ini," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto