Masuk Pasar Ikan Muntok Wajib Vaksin Covid-19 Ternyata Hoaks

Rizki Ramadhani · Selasa, 12 Oktober 2021 - 19:56:00 WIB
Masuk Pasar Ikan Muntok Wajib Vaksin Covid-19 Ternyata Hoaks
Pengawasan protokol kesehatan di Pasar Muntok, Bangka Barat. (Foto:Antara)

BANGKA BARAT, iNews.id - Beredar pengumuman yang mewajibkan masyarakat yang masuk ke Pasar Ikan Muntok, Bangka Barat sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Namun kabar tersebut dipastikan tidak benar alias hoaks.

Pengumuman tersebut berbentuk leaflet dan beredar luas di masyarakat. Dalam leaflet tersebut mencantumkan logo badan pemerintahan, termasuk TNI, Polri, hingga Satgas Covid-19.

Kepala Puskesmas Muntok Harianto yang dikonfirmasi tentang leaflet ini mengatakan tidak pernah tahu-menahu beredarnya leaflet itu. Bahkan menurutnya Puskesmas Muntok tak pernah menerbitkan aturan seperti yang tertulis dalam leaflet. 

Dia menyebut bila pengumuman tidak disertai tanda tangan dipastikan hoaks. "Puskesmas nggak ada. Sebenarnya kalau tidak ada tanda tangan, pasti hoaks itu," ujarnya dikonfirmasi, Selasa (12/10/21). 

Camat Muntok Sukandi juga memastikan tidak pernah menerbitkan leaflet tersebut. Menurutnya Forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam) akan mengklarifikasi siapa yang menerbitkan pengumuman itu. 

"Saya dikirim dari Satpol PP, hebohnya status kawan-kawan sudah ada itu. Besok kita mau rapat untuk mengklarifikasi siapa yang menginformasi tidak jelas," ujar Sukandi.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: