Pemprov Babel Akan Gunakan Drone untuk Tingkatkan Produksi Padi

Antara · Jumat, 19 Februari 2021 - 14:24:00 WIB
Pemprov Babel Akan Gunakan Drone untuk Tingkatkan Produksi Padi
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan meninjau sawah penerapan teknologi drone di Desa Namang, Jumat (19/2/2021). (Foto: Antara)

BANGKA TENGAH, iNews.id - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan menggunakan teknologi drone guna meningkatkan produksi padi dan kesejahteraan petani. Ujicoba dilakukan di Desa Namang Kabupaten Bangka Tengah.

"Mutlak kita harus memakai teknologi. Tinggal bagaimana kita mengajak para petani untuk terbiasa memakai teknologi ini," kata Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan saat meninjau sawah di Desa Namang, Jumat (19/2/2021).

Dia mengatakan penerapan pertanian moderen menggunakan teknologi drone ini merupakan kerja sama antara Pemprov Babel dengan Kamar Dagang Industri (Kadin) Jawa Barat. Ujicoba dilakukan di areal sawah seluas 53 hektare.
 
"Pemanfaatan teknologi drone ini untuk menuju pertanian modern dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi dan pendataan lebih akurat," ujarnya.

Menurutnya, penerapan drone tahap awal akan segera dilakukan untuk jenis komoditi padi pada Maret tahun ini. Berikutnya diikuti komoditi lada, sawit, dan porang yang dijadwalkan pada Juni hingga Juli 2021.

"Teknologi tidak akan mengurangi sumber daya manusia, tetapi justru akan meningkatkan produktivitas serta lebih cepat dan tepat," katanya.

Editor : Reza Yunanto