Pemprov Babel Siapkan Anggaran Rp18 Miliar untuk Majukan Pertanian Desa

Haryanto ยท Rabu, 11 November 2020 - 13:57:00 WIB
Pemprov Babel Siapkan Anggaran Rp18 Miliar untuk Majukan Pertanian Desa
Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan menugal padi bersama masyarakat Desa Tuik, Kecamatan Kepala, Kebupaten Bangka Barat. (Foto: Istimewa)

BANGKA BARAT, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyiapkan anggaran senilai Rp18 miliar untuk pengembangan sarana prasarana di Desa Desa Tuik, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, dan sekitarnya. Anggaran itu diharapkan bisa digunakan untuk mengembangkan potensi pertanian desa sehingga ekonomi masyarakat bisa tumbuh.

Gubenur Babel Erzaldi Rosman Djohan mengatakan, fasilitas yang akan dibangun di antaranya perbaikan jalan produksi sepanjang 4 kilometer (km), dermaga, dan pembangunan talut. Namun, pembangunan baru bisa dilaksanakan setelah surat legalitas lahan diterbitkan.

"Kami mengurus legalitas lahan ini bukan untuk dimiliki, tapi untuk digarap. Lahan ini tidak boleh diperjualbelikan, hanya boleh diwariskan secara turun temurun," kata Erzaldi, Senin (9/11/20).

Dalam kesempatan itu, Erzaldi Rosman yang berkesempatan menanam padi dengan cara menugal di lahan persawahan bersama petani padi mengungkapkan, masyarakat di Desa Tuik, belum menerima bantuan pertanian dari pemerintah karena terkendala legalitas.

"Saya senang sekali masyarakat semangat menanam padi sayangnya, kawasan ini di lahan konservasi, sehingga belum menerima bantuan dari pemerintah. Untuk itu, saat ini sedang diurus legalitasnya," ujarnya.

Kepada masyarakat setempat, Gubernur berharap persawahan seluas 800 hektare (ha) dari tiga desa dikelola bersama pihak swasta dengan pola korporasi agar cepat maju.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur juga mengajak warga menanam tanaman mangrove dan jambu mete untuk menunjang ekonomi masyarakat setempat.


Editor : Maria Christina