Pengutil di Pangkalpinang, Komplotan dari Luar Daerah

Haryanto ยท Sabtu, 01 Mei 2021 - 14:40:00 WIB
 Pengutil di Pangkalpinang, Komplotan dari Luar Daerah
Polres Pangkalpinang berhasil menangkap komplotan pengutil. Foto : iNews.id/Haryanto

PANGKALPINANG, iNews.id - Aksi tiga orang pengutil yang tertangkap sewaktu menjalankan aksinya di mini market di Pangkalpinang, sempat terekam kamera pengawas (CCTV) dan menjadi viral di media sosial. Rupanya ini bukan kali pertama para pelaku melakukan aksinya di Pangkalpinang.

Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang AKP Adi Putra menyebut, para pelaku merupakan komplotan dari luar daerah dan kerap beraksi di malam hari. Ketiga pencuri yang telah tertangkap tersebut diketahui bernama Yadi (35) asal Jambi, Yulia Citra (47) dan Yana (48) warga Tangga Buntung, Palembang, Sumatera Selatan.

Sedangkan dua pelaku lain yaitu DZ (40) dan seorang perempuan YP (30) sejauh ini masih diburu polisi. Menurut keterangan ketiga pelaku yang tertangkap, YP merupakan sosok yang mempengaruhi mereka untuk mencuri di kawasan Bangka.

"Pelaku - pelaku ini berasal dari luar daerah. Aksinya tergolong nekat dan sebelumnya terekam CCTV dan viral di media sosial," kata Adi Putra, Sabtu (1/5/2021).

Dari rekaman CCTV tersebut, terlihat bagaimana cara pelaku mencoba untuk mencuri barang dari minimarket AJ Mart, Pangkalbalam, Pangkalpinang. Diawali masuknya empat orang yang terdiri atas satu laki - laki dan tiga perempuan, ke dalam mini market. Mereka lalu mengambil satu persatu barang, bahkan seorang wanita berhijab terlihat memasukan susu kotak di antara kakinya.

Adi Putra mengimbau, agar masyarakat terutama pemilik toko untuk selalu waspada terhadap segala bentuk modus pelaku pencurian, yang marak jelang lebaran Idul Fitri.

"Apalagi sebentar lagi Lebaran, biasanya masyarakat yang datang berbelanja sangat ramai. Hal tersebut dimanfaatkan pelaku kejahatan beraksi, jadi selalu waspada," ujarnya.

Editor : Erwin Sihombing