Petani Sawit Belitung Timur Akan Datangi Kantor Bupati Besok, Ada Apa?

Suharli ยท Senin, 16 Mei 2022 - 13:15:00 WIB
Petani Sawit Belitung Timur Akan Datangi Kantor Bupati Besok, Ada Apa?
Tumpukan sawit warga yang belum terjual di Kecamatan Kelapa Kampit. (Foto: iNews/Suharli)

BELITUNG TIMUR, iNews.id - Ratusan petani kelapa sawit di Belitung Timur akan mendatangi kantor bupati. Mereka akan menggelar aksi damai pada Selasa (17/5/2022) besok.

Para petani sawit tersebut mengeluhkan tandan buah segar (TBS) kelapa sawit mereka yang belum terjual hingga tiga pekan terakhir.

Terkait rencana kedatangan ratusan petani sawit itu, Bupati Belitung Timur Burhanudin menyatakan siap mendengar keluhan dan mengakomodir aspirasi masyarakat.

"Apapun aspirasi yang mereka sampaikan akan kami akomodir untuk kami kondolidasikan kepada pemerintah pusat," kata Burhanudin, Senin (16/5/2022).

Pria yang akrab disapa Aan ini mengatakan, persoalan yang dikeluhkan para petani sawit terkait kebijakan pemerintah pusat yang melarang ekspor.

Akibatnya, daya beli dan produksi perusahaan terganggu karena tak bisa mengekspor.

"Jadi harus dicarikan solusi yang harus dikeluarkan oleh pemerintah pusat untuk mencabut larangan ekspor itu," tuturnya.

Aan mengatakan, aksi damai petani sawit itu bukan hanya di Belitung Timur. Aksi serupa akan dilakukan serentak oleh Asosiasi Perkebunan Sawit Seluruh Indonesia.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: