Polisi Tetapkan 1 Tersangka Pemalsuan Surat PCR di Bandara Belitung

Antara ยท Selasa, 07 September 2021 - 14:07:00 WIB
Polisi Tetapkan 1 Tersangka Pemalsuan Surat PCR di Bandara Belitung
Polres Belitung menetapkan N (29) tersangka pemalsuan dokumen PCR di Bandara HAS Hanandjoeddin. (Foto: Antara)

BELITUNG, iNews.id - Polres Belitung menetapkan satu orang tersangka pemalsuan dokumen PCR di Bandara HAS Hanandjoeddin Belitung. Tersangka yakni N (29) merupakan salah satu dari 11 penumpang pesawat yang menggunakan dokumen PCR palsu untuk ke Jakarta.. 

"Dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa N merupakan anggota keluarga dari 11 penumpang yang memalsukan dokumen PCR saat hendak ke Jakarta melalui Bandara H.AS Hanandjoeddin Belitung," ujar Kasi Penmas Humas Polres Belitung, Ipda Belly Pinem, Selasa (7/9/2021).

Dari hasil pemeriksaaan terungkap kalau pemalsuan itu dilakukan karena biaya tes PCR sebagai syarat penerbangan dianggap mahal. Tersangka N mengaku sengaja memalsukan dokumen PCR dengan referensi dari internet.

"Sebanyak 11 anggota keluarga yang dipalsukan dokumen PCR merupakan warga asal Bandung, Jawa Barat yang datang ke Belitung karena menghadiri undangan pernikahan," katanya.

Akibat perbuatannya, N meringkuk di tahanan Mapolres Belitung. Dia dijerat Pasal 263 KUHP dengan ancaman hukuman enam tahun penjara.

"Tersangka saat ini sudah ditahan di Mapolres Belitung karena sebagai otak dari tindakan pemalsuan surat ini," katanya.

Editor : Reza Yunanto