PPKM Level 4, Bangka Barat Tidak Sekat Wilayah Perbatasan

Antara, Rizki Ramadhani · Selasa, 27 Juli 2021 - 18:00:00 WIB
PPKM Level 4, Bangka Barat Tidak Sekat Wilayah Perbatasan
Juru Bicara Satgas Covid-19 Bangka Barat, M Putra Kusuma. Foto: iNews.id/Rizki Ramadhani

MENTOK, iNews.id - Pelaksanaan PPKM level empat di Bangka Barat tidak menerapkan penyekatan di wilayah perbatasan. Satgas Covid-19 Bangka Barat menilai penyekatan merupakan kebijakan Pemprov Bangka Belitung (Babel).

"Akses keluar masuk di perbatasan antarkabupaten dan di Pelabuhan Tanjungkalian yang menghubungkan Pulau Bangka dan Sumatera menjadi ranah Pemprov Babel," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Bangka Barat, M Putra Kusuma, Selasa (27/7/2021).

Putra juga menyebutkan, kewenangan untuk membatasi jumlah kendaraan keluar masuk Bangka Barat menjadi wilayah Pemprov Babel. Sebab pelaksanaan PPKM level empat dilakukan secara berjenjang dari pemerintah pusat, pemprov, hingga pemkab sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Kepala Satgas Covid-19 Bangka Barat, Sidharta Gautama, telah melakukan koordinasi lintas sektor di Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok. Dari hasil koordinasi, Pemprov Babel menerbitkan Surat Edaran Nomor 550 /0484/DISHUB tentang pengendalian transportasi yang memasuki wilayah Pelabuhan Tanjungkalian Mentok.

Surat edaran mengatur pembatasan pengoperasian kapal di Pelabuhan Penyeberangan ASDP untuk kapal Ro-Ro yang beroperasi dari Tanjungkalian-Tanjung Api Api dibatasi sampai pukul 16.00 WIB. Pelaku perjalanan dalam negeri  yang memasuki wilayah Babel melalui Pelabuhan Tanjungkalian wajib menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama dan surat keterangan PCR dengan hasil negatif.

"Sesuai aturan tersebut, apabila pemeriksaan menunjukkan hasil positif, maka akan dilakukan proses karantina dengan biaya ditanggung pribadi selama masa karantina," kata Sidharta.

Editor : Erwin C Sihombing