Rawan Penyelundupan Narkoba, Pengawasan Jalur Laut Belitung Ditingkatkan

Antara ยท Rabu, 30 Juni 2021 - 10:08:00 WIB
Rawan Penyelundupan Narkoba, Pengawasan Jalur Laut Belitung Ditingkatkan
Kepala BNNK Belitung, Nasrudin, bakal meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait untuk meningkatkan pengawasan jalur laut. Foto: Antara/kasmono

BELITUNG, iNews.id - Pengawasan jalur laut di Belitung, Bangka Belitung (Babel) ditingkatkan. Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Belitung, berkoordinasi dengan TNI-Polri, kesyahbandaran dan bea cukai untuk menekan potensi penyelundupan narkoba.

Menurut Kepala BNNK Belitung, Nasrudin, jalur laut Belitung sangat strategis dijadikan pintu distribusi narkoba. Pasalnya secara geografis Belitung dikelilingi perairan.

"Misalnya melalui jalur udara tidak mungkin, celah mereka akan mudah terbaca dan jalur darat hanya dibatasi dengan Kabupaten Belitung Timur. Jadi jalur mana lagi kalau bukan melalui jalur perairan," ujar Nasrudin, Selasa (29/6/2021).

Selain dengan instansi terkait, BNNK Belitung akan meningkatkan sinergitas dengan sejumlah pelaku jasa pengiriman barang. Langkah ini harus dilakukan guna mengantisipasi terjadinya pengiriman dan penyelundupan narkoba ke daerah itu. 

"Karena misalnya kita melihat pengiriman kratom secara online makanya kami akan bangun sinergitas dan tingkatkan koordinasi salah satunya dengan pihak pengiriman barang," kata dia.
 
Secara terpisah, Bupati Belitung, Sahani Saleh, membentuk satgas antinarkoba di 42 desa dan kelurahan. Ini merupakan komitmen pemerintah daerah dalam memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba di daerah itu.

"Tolong sama-sama jika ada indikasi maka segera lapor kepada BNN dan kepolisian namun kadang-kadang masyarakat diam," ujarnya.

Editor : Erwin C Sihombing