Sapi Terinfeksi PMK di Babel Tersisa 2 Kasus, Vaksinasi Terus Digeber

Antara ยท Kamis, 29 September 2022 - 16:21:00 WIB
Sapi Terinfeksi PMK di Babel Tersisa 2 Kasus, Vaksinasi Terus Digeber
Sapi di Bangka Belitung yang terjangkit PMK tersisa dua kasus. (Foto: dok iNews)

PANGKALPINANG, iNews.id - Kasus sapi positif penyakit mulut dan kuku (PMK) di Bangka Belitung tersisa dua kasus. Namun vaksinasi PMK terus digencarkan dengan target pencapaian 80 persen. 

"Hari ini laporan Kadis Pertanian Babel, sapi PMK tersisa dua kasus," kata Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Suganda di Pangkalpinang, Kamis (29/9/2022).

Agung mengatakan, dalam mendorong percepatan penanggulangan PMK ini, pemerintah pusat telah mendistribusikan obat, disinfektan hingga Vaksin PMK ke seluruh provinsi di Indonesia.

"Kami berharap pemerintah daerah khusus Kepulauan Babel untuk lebih memasifkan vaksinasi ini, mengingat kasus PMK di daerah masih ada," ujarnya.

Menurut Agug, dalam mengendalikan PMK ini, pemerintah tidak hanya memasifkan vaksinasi tetapi pemotongan ternak bersyarat, memperketat lalu lintas ternak antar daerah dan lainnya.

"Meski kasus PMK ini sudah tidak ada lagi, namun vaksinasi ini tetap dimasifkan minimal 80 persen, sehingga akan menimbulkan kekebalan dan diharapkan memutuskan rantai penyebaran PMK ini,” katanya.

Dia meminta Pemprov Kepulauan Babel untuk terus memasifkan vaksinasi ini, agar daerah ini terbebas dari PMK.

"Kami meminta para peternak untuk dapat melaporkan ke dinas dan dinas melaporkan ke pusat, jika ditemukan kasus baru PMK ini," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: