Selundupkan 163 Kg Lempengan Timah dalam Truk Muatan Nanas, 2 Pelaku Ditangkap

Haryanto ยท Sabtu, 08 Januari 2022 - 17:16:00 WIB
Selundupkan 163 Kg Lempengan Timah dalam Truk Muatan Nanas, 2 Pelaku Ditangkap
Truk muatan nanas yang ternyata menyimpan lempengan timah untuk diselundupkan saat diamankan Satpolairud Polres Pangkalpinang. (Foto: iNews/Haryanto)

PANGKALPINANG, iNews.id - Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polres Pangkalpinang mengamankan ratusan kilogram timah lempengan di Pelabuhan Pangkalbalam, Kabupaten Bangka Belitung, Sabtu (8/1/2022). Dalam pengungkapan kasus ini, dua truk bersama dua sopir diamankan ke Pos Polriud di kawasan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pangkalpinang.

Kasat Polairud Pangkal AKP Yordansyah mengatakan, modus pelaku coba mengelabui petugas dengan menaruh timah lempengan tersebut dalam tumpukan nanas. Sebab truk ini memang membawa muatan buah nanas.

Usai diamankan, polisi membongkar muatan nanas untuk mengambil timah lempengan. Barang selundupan ini disimpan dalam lima karung putih dan sekarung pasir timah. Seusai ditimbang, beratnya mencapai 163 kilogram.

"Kami dapatkan dari KM Star Belitung, sudah masuk ke dalam kapal. Kemudian kami bawa ke Satpolairud dan ditemukan lima karung timah yang sudah dilebur dengan sekarung terpisah masih dalam bentuk pasir timah," ujar Yordansyah, Sabtu (8/1/2022).

Dia menjelaskan, lima karung berisi timah lempengan berbobot 140 kilogram dan 23 kilogram satu karung diduga pasir timah.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: