Sempat Vakum Akibat Pandemi Covid-19, Pesona Belitong Beach Festival Kembali Digelar

Rizqa Leony Putri ยท Kamis, 11 Agustus 2022 - 13:04:00 WIB
Sempat Vakum Akibat Pandemi Covid-19, Pesona Belitong Beach Festival Kembali Digelar
Kunjungan Menparekraf Sadiaga Uno pada event Pesona Belitong Beach Festival 2022 di Pantai Tanjungpendam, Belitung, Rabu (10/8/2022). (Foto: Suharli/iNews.id)

BELITUNG, iNews.id - Pesona Belitong Beach Festival kembali digelar setelah sebelumnya sempat vakum selama hampir tiga tahun akibat pandemi Covid-19. Event ini dihelat selama lima hari, yaitu pada 10-14 Agustus 2022.

Tabuhan rebana oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno menandai pembukaan Pesona Belitung Beach Festival 2022. Acara tersebut berlangsung di kawasan Pantai Tanjung Endam, Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pesona Belitung Beach Festival 2022 diisi dengan berbagai acara, seperti parade pelangi budaya, serta pameran produk UMKM dan ekonomi kreatif lokal.

"Kami melihat ini adalah Kebangkitan ekonomi kita, UMKM-UMKM juga sudah mulai menggeliat. Saya juga dititipi pesan oleh Presiden, dalam periode ekonomi oenuh ketidak pastian kita harus mampu menjawab keresahan masyakat mengenai inflasi dan sebagainya, dengan program-program yang memberdayakan masyakarat dan program meningkatkan penghasilan masyarkat," ujar Sandiaga, Rabu (10/8/2022).

Menurutnya, dengan adanya event Pesona Belitong Beach Festival ini, diharapkan dapat membuka peluang usaha dan membuka lapamgan pekerjaan. Sandiaga pun mengapresiasi kegiatan Pesona Belitong Beach Festival yang mampu menembus Kharisma Event Nusantara 2022 dengan tujuan mempromosikan pariwisata dan budaya.

Menparekraf mengatakan, pelaksanaan event ini dapat mendukung kebangkitan pariwisata Belitung yang telah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark, Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata, dan salah satu dari 10 Destinasi Wisata Prioritas di Tanah Air.

Sementara itu, Bupati Belitung Sahani Saleh mengucap syukur sebab Pesona Belitong Beach Festival 2022 bisa kembali digelar. "Saya harap ini menjadi sebuah gebrakan, untuk meningkatkan wisata Belitung," ucapnya.

Seperti diketahui, selain mengunjungi stand UMKM, Menparekraf bersama rombongan juga ikut melakukan pelepasan tukik di Pantai Tanjung Pendam.

Editor : Rizqa Leony Putri

Bagikan Artikel: