Swab Test Massal di Daerah PPKM Mikro Bangka Barat Sepi Peminat

Rizki Ramadhani ยท Selasa, 13 Juli 2021 - 14:06:00 WIB
Swab Test Massal di Daerah PPKM Mikro Bangka Barat Sepi Peminat
Swab test massal di RT 003 Dusun VI Pait Jaya, Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Bangka Barat, Selasa (13/7/2021), sepi peminat.Foto: iNews.id/Rizki Ramadhani

BANGKA BARAT, iNews.id - Satgas Covid-19 Bangka Barat menggelar swab test PCR massal di kawasan yang diberlakukan PPKM mikro yakni, RT 003 Dusun VI Pait Jaya, Desa Belo Laut, Muntok, Selasa (13/7/2021). Namun tingkat partisipasi warga masih rendah sehingga satgas membuka opsi untuk menjemput bola.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Bangka Barat, M Putra Kusuma, menyebutkan, 360 warga ditargetkan mengikuti swab test PCR. Namun sejauh ini baru sekitar 11 persen warga yang berpartisipasi.

"Target kita hari ini 360 orang tapi sampai saat ini yang baru kita lakukan sekitar 41 orang jadi sekitar 11%," kata Putra.

Menurutnya, tracing untuk warga di kawasan tersebut penting dilakukan untuk memastikan potensi penyebaran. Satgas membuka opsi memperpanjang PPKM mikro jika terjadi penambahan kasus.

"Untuk positif kita akan lanjutkan untuk isolasi, kalau negatif kita akan koordinasi lagi apakah mau dilanjutkan PPKM atau kita hentikan," kata Putra.

Putra menambahkan, jika target test PCR tidak tercapai maka satgas akan jemput bola. Sebab, Satgas Covid-19 ingin melakukan pemeriksaan secara luas untuk memetakan potensi penyebaran Covid-19.

"Kita lihat ke depan kalau memang tidak ada perkembangan kita pakai alternatif lain mungkin door to door atau seperti apa teknisnya. Yang jelas semakin banyak testing, itu akan semakin baik kemudian kita dapat gambaran berapa banyak yang bisa kita lokalisir kasusnya, " kata Putra.

Hasil dari PCR nantinya dibawa ke Labkesda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Kapolres Bangka Barat, AKBP Agus Siswanto memastikan pengawasan pada kawasan yang menerapkan PPKM mikro dilaksanakan, kebutuhan masyarakat juga disiapkan.

"Kegiatan masyarakat sudah kita batasi hanya kegiatan esensial yang diperbolehkan yang lainnya tetap di rumah saja ikuti aturan satgas. Ada juga vitamin dan sembako juga sudah kita siapkan, untuk dapur umum juga akan dibuat dari Pak Bupati siang ini untuk menyediakan makanan," kata Kapolres.

Editor : Erwin C Sihombing