Tahun 2023, Bangka Barat Terancam Defisit Anggaran hingga Ratusan Miliar

Rizki Ramadhani · Rabu, 03 Agustus 2022 - 12:41:00 WIB
Tahun 2023, Bangka Barat Terancam Defisit Anggaran hingga Ratusan Miliar
Ketua DPRD Bangka Barat, Marudur Saragih. (Foto: iNews.id/Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, iNews.id - Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terancam mengalami defisit anggaran hingga ratusan miliar rupiah pada tahun 2023. Selama ini Bangka Barat bergantung pada Dana Alokasi Umum (DAU).

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Bangka Barat Marudur Saragih, setelah dalam beberapa kesempatan membahas Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah yang diajukan bupati beberapa waktu lalu.

"Tahun 2023 pasti defisit, perkiraan hampir sama (dengan tahun 2022) jumlah defisitnya. Sebab kita sekarang masih bergantung sama Dana Alokasi Umum (DAU) tadi, dana dari pusat, bukan kemampuan asli daerah," kata Marudur Saragih, Rabu (3/8/2022).

Untuk di tahun 2022 ini saja, Bangka Barat mengalami defisit anggaran sekitar Rp140 miliar. Untuk menutupi defisit tersebut sejumlah kegiatan dikurangi seperti perjalanan dinas dan kegiatan yang tidak prioritas.

Selain itu, Marudur meminta pemerintah daerah untuk berupaya meningkatkaan pendapatan asli daerah (PAD). Hal tersebut merupakan tugas besar pemerintah dengan memanfaatkan potensi yang ada, agar Bangka Barat tidak semakin suram.

"Inilah PR pemerintah daerah sekarang, kalau tidak Bangka Barat ini akan semakin suram. Sebab PAD tidak naik-naik, dianggarkan cuma 70-80 miliar rupiah dalam satu tahun. Padahal potensi kita begitu banyak, ini PR bersama pemerintah daerah untuk bisa meningkatkan PAD," katanya. 

Editor : Ikhsan Firmansyah

Bagikan Artikel: