Tambang Ilegal di Hutan Lindung Desa Burung Mandi Ditertibkan, 8 Orang Ditangkap

Suharli · Kamis, 30 Juni 2022 - 21:07:00 WIB
Tambang Ilegal di Hutan Lindung Desa Burung Mandi Ditertibkan, 8 Orang Ditangkap
Barang bukti peralatan tambang yang diamankan di Mapolres Belitung Timur. (Foto: ist)

BELITUNG TIMUR, iNews.id - Tim gabungan menertibakan tambang timah ilegal jenis rajuk suntik yang beraktivitas di Daerah Aliran Sungai (DAS) Hutan Lindung Desa Burung Mandi, Belitung Timur. Sebanyak delapan orang berikut peralatan tambang diamankan.

Penertiban dilakukan oleh tim gabungan Polres Belitung Timur yang terdiri atas Tim Panah Satreskrim, Satpolairud, Satsamapta, dan Polsek Manggar pada Rabu (29/6/2022) kemarin.

Penertiban berawal dari laporan masyarakat terkait adanya aktivitas penambangan di kawasan larangan menambang tersebut.

“Berdasarkan laporan tersebut, tim gabungan langsung mendatangi lokasi,” kata Kasat Reskrim Polres Belitung Timur, IPTU Fajar Riansyah Pratama, Kamis (30/6/2022).

Saat tiba di lokasi, kata dia, tim menemukan adanya aktivitas penambangan bijih timah yang sedang beroperasi di kawasan tersebut. 

"Kemudian kami lakukan penindakan dan mengamankan delapan orang penambang serta delapan unit mesin jenis robin milik para penambang liar,” ujarnya.

Saat ini para penambang berikut peralatan tambang sudah diamankan di Mapolres Beliting Timur untuk menjalani proses pemeriksaan lebih lanjut.

Editor : Ikhsan Firmansyah

Bagikan Artikel: