Tambang Timah Ilegal di Bangka Tengah Berpotensi Timbulkan Banjir

Rachmat Kurniawan, Antara · Minggu, 18 Juli 2021 - 16:46:00 WIB
Tambang Timah Ilegal di Bangka Tengah Berpotensi Timbulkan Banjir
Petugas gabungan dari Polres Bangka Tengah dan Polda Babel mengamankan ponton tambang timah ilegal, Sabtu (17/7/2021). Foto: iNews.id/Rachmat Kurniawan

BANGKA TENGAH, iNews.id - Polres Bangka Tengah bersama Polda Babel menertibkan tambang timah ilegal pada Sabtu (17/7/2021). Kapolres Bangka Tengah, AKBP Slamet Ady Purnomo menyebutkan, tambang timah ilegal yang beroperasi di Marbuk, Kinari dan Pungguk berpotensi menimbulkan banjir.

Menurut AKBP Slamet, aktivitas penambangan bijih timah di tiga kawasan tersebut tidak jauh dari permukiman penduduk dan pasar. Bahkan limbahnya dibuang ke aliran sungai yang bisa memicu banjir karena terjadi pendangkalan.

"Selain beraktivitas secara liar, penambangan timah di tiga tempat itu juga berpotensi menimbulkan bencana alam banjir," kata Kapolres, Minggu (18/7/2021).

Dia mengatakan, jajarannya akan terus melakukan penertiban, meskipun aktivitas tambang tetap saja terjadi. Sementara tokoh masyarakat Bangka Tengah, Syahrial, mengatakan, kegiatan penambangan bijih timah di kawasan Marbuk, Kinari dan Pungguk sudah berlangsung cukup lama.

"Sampai sekarang belum ada solusi yang tepat untuk mengatasinya, setidaknya sebuah regulasi pertambangan yang bisa menyelamatkan lingkungan dan masyarakat," ujarnya.

Editor : Erwin C Sihombing