TNI AL Kerahkan Kapal Rumah Sakit Bantu Kebutuhan Oksigen di Babel

Wahyudi Aulia Siregar ยท Rabu, 11 Agustus 2021 - 04:00:00 WIB
TNI AL Kerahkan Kapal Rumah Sakit Bantu Kebutuhan Oksigen di Babel
Kapal rumah sakit tiba di perairan Belitung. (Foto: Istimewa).

BANGKA, iNews.id - TNI Angkatan Laut mengerahkan Kapal Rumah Sakit untuk membantu kebutuhan oksigen pasien Covid-19 di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung (Babel). Kapal ini memiliki kemampuan memproduksi oksigen medis.

Kapal rumah sakit, KRI Semarang-594, dapat melakukan isi ulang sebanyak 75.000 liter oksigen dalam waktu 24 jam. Kedatangannya di wilayah Babel untuk membantu penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit.

Danlanal Babel, Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan mengatakan, kehadiran KRI Semarang-594 atas koordinasi Pemerintah Provinsi Babel dan TNI AL. Ada kebutuhan oksigen untuk sejumlah rumah sakit di daerah tersebut.

"Setelah tiba di Tanjung Pandan, kapal ini langsung mengirimkan 10 tabung kapasitas 6.000 liter oksigen menggunakan (Landing Craft Utility)," kata Kolonel Fajar, Rabu (11/8/2021) dini hari.

Kemudian KRI Semarang-594 juga mengisi 124 tabung oksigen kosong dengan kapasitas 6.000 liter milik Satgas Covid-19 Babel untuk mencukupi kebutuhan penanganan pasien Covid-19.

Pangkoarmada I, Laksda TNI Arsyad Abdullah mengatakan, pengerahan KRI Semarang-594 merupakan implementasi arahan dan perintah pimpinan TNI AL, Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono yang mendukung penuh pemerintah mengatasi pandemi Covid-19.

"KRI Semarang-594 tidak hanya mempunyai fasilitas dalam memproduksi oksigen saja namun dilengkapi ruang isolasi dan ruang operasi yang sewaktu-waktu dapat digunakan sesuai kebutuhan" ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: