Tim SAR gabungan bersiap mengevakuasi Kapal MV Serasi yang tenggelam di Selat Bangka. (Foto: Ist)
Wiwin Suseno

BANGKA SELATAN, iNews.id - Sebanyak 17 orang awak kapal MV Serasi yang tenggelam di perairan Selat Bangka, Pulau Besar, Bangka Selatan, berhasil selamat. Mereka dievakuasi ke Pelabuhan Muntok.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang I Made Oka Astawa mengatakan, MV Serasi yang merupakan kapal kargo itu tenggelam pada Kamis (1/12/2022) dini hari dalam perjalanan menuju Belawan dari Patimbang, Jawa Barat.

Informasi kapal tenggelam diperoleh dari manajer operasional MV Serasi sekitar pukul 02.20 WIB melalui command center.

"Berdasarkan laporan manajer kapal ini, bahwa pukul 01.09 itu Kapten Subur memberitahukan bahwa kapal sudah kemasukan air dan berencana akan segera lego jangkar di sekitar lokasi. Lalu jam 01.28 diterima informasi lagi bahwa kapal sudah posisi nungging," kata Astawa.

Berdasarkan laporan itu, tim SAR gabungan yang terdiri atas Basarnas, TNI AL, Polairud, KSOP dan SAR Muntok menuju lokasi.

Namun sebelum kapal tenggelam, kapten kapal dan para kru MV Serasi berhasil menyelamatkan diri menggunakan perahu karet (liferaft), sehingga insiden kapal tenggelam itu tak menimbulkan korban jiwa.

"Selanjutnya pada pukul 03.23 korban MV Serasi 1 berhasil dievakuasi oleh KM Lotus dan dibawa menuju ke Pelabuhan Muntok," kata Astawa.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT