Dandim 0413/Bangka melakukan penanaman serentak di lahan tidur Desa Batu Beriga, Bangka Tengah. (Foto: iNews.id/Rachmat Kurniawan)
Rachmat Kurniawan

BANGKA TENGAH, iNews.id – Korem 045/Garuda Jaya melakukan penanaman serentak pemanfaatan lahan tidur di Desa Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Senin (18/7/2022). Kegiatan tersebut guna membangun ketahanan pangan di daerah itu.

Kegiatan penanaman ini dihadiri Dandim 0413/Bangka, Kasrem 045/Garuda Jaya, Bupati Bangka Tengah, dan sejumlah Forkopimda Bangka Tengah.

"TNI AD akan menanam kurang lebih 40 hektare lahan di Babel dalam kegiatan ketahanan pangan ini," kata Dandim 0413/Bangka, Kolonel Inf Deni Noviandi.

Menurutnya ketahanan pangan ini sangat penting disiapkan guna mengantisipasi jika di Indonesia terjadi krisis.

"Sesuai dengan intruksi dari KASAD yang tadi telah disampaikan melalui Zoom, ketahanan pangan ini untuk mengantisipasi jika di Indonesia terjadi krisis. Secara bertahap, nanti akan kita tanam jagung dan hasilnya kita berikan kepada masyarakat," ujarnya. 

Dalam pengerjaannya, kata dia, TNI AD akan melibatkan seluruh Babinsa yang ada di desa-desa bekerja sama dengan Dinas Pertanian, khususnya para penyuluh pertanianya. 

“Kami juga melibatkan kelompok-kelompok tani yang ada di desa," ucapnya. 

Sementara itu Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman sangat mengapresiasi langkah TNI AD yang telah bersedia mempersiapkan ketahanan pangan bagi masyarakat.

"Alhmdulillah, dalam rangka kita mempersiapkan segala sesuatu dari kondisi apapun. Saya pikir TNI AD sudah bisa melihat hal-hal yang mungkin harus diantisipasi, seperti mempersiapkan ketahanan pangan. Ini akan kita dukung," kata Algafry Rahman.


Editor : Ikhsan Firmansyah

BERITA TERKAIT