Penyaluran bantuan ke korban bencana alam puting beliung di Desa Kelabat, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat. (Foto: Istimewa)
Rizki Ramadhani

BANGKA BARAT, iNews id - Dinas Sosial (Dinsos) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bangka Barat menyalurkan bantuan kepada korban bencana alam puting beliung di Desa Kelabat, Parittiga, Bangka Barat, Bangka Belitung. Bantuan tersebut berupa sandang pangan dan jaminan hidup.

Kabid Linjamdayasos Dinsos PMD Bangka Barat, Fahmi mengatakan bantuan tanggap darurat ini sudah kami serahkan kepada warga terdampak bencana alam angin puting beliung di Desa Kelabat.

“Bantuan yang diberikan kepada warga terdampak tersebut di antaranya selimut, kasur, matras, terpal, makanan anak, makanan siap saji, lauk siap saji, food ware, peralatan dapur dan sembako,” katanya, Selasa (5/7/2022).

Sementara untuk bantuan berupa bahan bangunan rumah (BBR), kata dia, pihaknya belum ada anggaran sehingga hanya menurunkan Tim Tagana untuk memperbaiki kerusakan rumah korban bencana.

"Untuk BBR kami belum ada anggarannya. Jadi untuk penanganan materialnya kemungkinan besar dari Perkim, sesuai dengan tupoksinya," ujarnya. 

Ke depan, Dinsos PMD Bangka Barat berencana menganggarkan BBR untuk rumah yang terdampak bencana dengan skala kecil.

"Insyaallah ke depan kami berencana untuk menganggarkan BBR. Jadi untuk rumah yang terdampak bencana skala kecil seperti akibat puting beliung, hanya dua lembar asbes yang terbang itu bisa kami tangani. Sebab, itu memang ada di peraturan Kemensos," katanya. 


Editor : Ikhsan Firmansyah

BERITA TERKAIT