Terduga pelaku dan penadah barang hasil curian mesin dan alat tambang milik salah satu perusahaan di Gunung Namak Toboali. (Foto: Ist)
Wiwin Suseno

BANGKA SELATAN, iNews.id - Polisi menangkap tiga orang pencuri peralatan mesin tambang milik salah satu perusahaan di Gunung Namak Toboali, Bangka Selatan, Bangka Belitung. Petugas juga mengamankan seorang penadah barang hasil curian itu, Rabu (14/9/2022).

Ketiga pencuri ini berinisial HM, RD, SN dan seorang penadah berinisial RW warga Toboali, Bangka Selatan.

Kasat Reskrim Polres Bangka Selatan, AKP Chandra Satria Adi mengatakan pencurian itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIB.

"Pengungkapan kasus ini berawal dari laporan perwakilan perusahaan yang mendapat kabar dari temannya bahwa mesin milik perusahaan yang berada di Jalan Gunung Namak telah dibongkar orang tidak dikenal," kata AKP Chandra, Jumat (16/9/2022).

Guna memastikan kabar tersebut, pelapor langsung mendatangi tempat kejadian perkara dan didapati bahwa kontainer yang dikunci telah terbuka.

"Setelah dicek, empat buah mesin tambang, satu buah mesin genset, takal, pelat besi dan AC senilai kurang lebih Rp560 juta telah hilang  dicuri,” ujarnya.

Mendapat laporan tersebut, Tim Opsnal Satreskrim Polres Bangka Selatan langsung bergerak ke lokasi kejadian dan memburu pelaku.

"Dari hasil penyelidikan didapati sebagian mesin yang hilang masih berada di gudang barang rongsokan milik RW," ucapnya.

AKP Chandra menuturkan, RW mengaku membeli barang tersebut dari HM yang merupakan salah satu pelaku pencurian.

"Setelah mengamankan HM, diketahuilah pelaku lainnya yaitu RD dan SN yang kemudian juga berhasil diamankan. Sedangkan dua orang lainnya masih diburu polisi," tuturnya.

Ketiga pelaku pencurian tersebut akan dijerat dengan Pasal 362 KUHPidana. Sedangkan penadah barang hasil curian akan dijerat dengan Pasal 480 KUHPidana.

"Selain pelaku dan penadah, sebagian barang bukti juga sudah kami amankan di Mapolres Bangka Selatan guna proses hukum lebih lanjut," katanya.


Editor : Ikhsan Firmansyah

BERITA TERKAIT