205 Balita di Bangka Terpapar Covid-19 akibat Kontak Erat

Antara ยท Senin, 12 Juli 2021 - 09:59:00 WIB
205 Balita di Bangka Terpapar Covid-19 akibat Kontak Erat
Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra, mengungkapkan 205 balita terpapar Covid-19, Minggu (11/7/2021). Balita tertular virus corona akibat kontak erat dengan orang tua atau keluarga yang telah lebih dulu positif. Foto: Antara

SUNGAILIAT, iNews.id - Satgas Covid-19 Bangka, Bangka Belitung (Babel) mencatat sebanyak 205 balita terpapar Covid-19. Kumulatif ini merupakan hasil penambahan kasus empat balita terkonfirmasi positif pada Minggu (11/7/2021).

Jubir Satgas Covid-19 Bangka, Boy Yandra mengatakan, ratusan balita terkonfirmasi positif akibat kontak erat. Balita tertular virus corona dari orang tua yang telah lebih dulu terkonfirmasi positif Covid-19.

"Balita yang diketahui positif umumnya kontak erat dengan orang tuanya atau anggota keluarga yang terlebih dahulu positif Covid-19," kata Boy.

Dia juga menyebutkan, selain ratusan balita yang diketahui positif berdasarkan hasil penelurusan, pelacakan dan pengujian, terdapat 21 bayi usia di bawah empat tahun yang terpapar. Satu balita usia 1,5 tahun yang terkonfirmasi positif Covid-19 asal Kecamatan Sungailiat meninggal dunia.

"Balita maupun bayi yang positif Covid-19 langsung mendapat perawatan kesehatan secara intensif dari tim medis, dan sampai sekarang masih terdapat sejumlah balita yang menjalani pemulihan kesehatan," ujarnya.

Boy Yandra mengingatkan seluruh masyarakat terutama keluarga yang memiliki balita atau bayi agar benar-benar disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sebab sebaran Covid-19 sudah merata pada jenjang semua umur.

"Disiplin menerapkan prokes merupakan langkah tepat untuk mencegah penyebaran virus corona mengingat kasus sebarannya sudah masuk ke semua jenjang usia," ujarnya.

Editor : Erwin C Sihombing