Ajak Masyarakat untuk Vaksinasi, Bupati Bangka Jadi Orang Pertama yang Disuntik

Antara ยท Sabtu, 09 Januari 2021 - 12:34:00 WIB
Ajak Masyarakat untuk Vaksinasi, Bupati Bangka Jadi Orang Pertama yang Disuntik
Ilustrasi vaksin. (Foto: Ist)

BANGKA, iNews.id - Bupati Bangka, Mulkan, memastikan dirinya menjadi orang pertama yang disuntik vaksin. Tindakan tersbut untuk meyakinkan masyarakat terkait keamanan vaksin.

"Saya bersedia menjadi orang pertama disuntik vaksin Covid-19, guna meyakinkan masyarakat kalau vaksin tersebut cukup aman," katanya di Sungailiat, Sabtu (9/1/2021).

Mulkan menyakini, vaksin Covid-19 cukup aman. Karena, vaksin telah melalui uji klinis dengan standar kesehatan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Saya minta masyarakat hendaknya juga bersedia divaksin guna keamanan kesehatan baik untuk dirinya sendiri, keluarga maupun lingkungan," kata bupati.

Selain Bupati, pejabat pimpinan daerah lainnya juga melakukan serupa termasuk sejumlah kepala dinas.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti mengatakan, terdapat 10 orang pimpinan di daerah itu yang akan divaksin Covid-19 tahap awal. Belum lagi dengan tenaga kesehatan di wilayah itu.

Dia mengatakan, jumlah tenaga kesehatan di daerahnya tercatat sebanyak 3.000 orang tersebar di rumah sakit maupun di pusat pelayanan kesehatan masyarakat.

"Untuk jumlah vaksin, sampai sekarang kami belum mengetahuinya karena masih menunggu dari pemerintah provinsi. Mengingat distribusi yang diterima provinsi hanya 10.000 vaksin, sedangkan jumlah tenaga kesehatan di Provinsi Bangka Belitung mencapai 12.000 orang," katanya.

Editor : Umaya Khusniah