Angka Stunting Menurun, Bupati Bangka Tengah Belum Puas

Rachmat Kurniawan ยท Selasa, 24 Agustus 2021 - 17:51:00 WIB
Angka Stunting Menurun, Bupati Bangka Tengah Belum Puas
Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman. Foto: iNews.id/Rachmat Kurniawan

BANGKA TENGAH, iNews.id - Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman belum puas melihat penurunan angka stunting atau gizi buruk. Dia meminta para pihak ikut berperan untuk menjadikan Bangka Tengah daerah zero stunting.

Sekarang ini, angka stunting di Bangka Tengah menurun menjadi 3,31 persen per Maret 2021. Sedangkan tahun sebelumnya sebesar 5,37 persen.

"Saya meminta semua stakeholder terkait untuk segera melakukan integrasi dalam menyikapi kasus stunting ini. Di antaranya kita mulai dari desa, di mana posyandu akan kita optimalkan kembali, karena cikal bakalnya ada di sana, jika posyandu digerakkan maka perkembangan balita akan kita ketahui," ujar Algafry, Selasa (24/8/2021).

Dia menilai, Bangka Tengah harus melaksanakan target pemerintah pusat untuk merealisasikan zero stunting pada 2024. Atas dasar itu, perbaikan gizi terhadap bayi harus digalakkan.

Seluruh OPD mencakup Dinas Pertanian, Perlindungan Anak bahkan PUPR, memiliki kontribusi untuk menekan angka stunting. Algafry bahkan mendorong pemerintah desa untuk mengalokasikan anggaran untuk menekan kasus stunting.

"Jadi tidak hanya mulai menggalakkan dari posyandu, namun berbagai pihak harus tetap berintegritasi dan semua dinas harus bergerak, serta semua desa anggarannya harus digerakkan dan difokuskan untuk mengatasi stunting ini," ujarnya.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: