Usaha Ubur-Ubur Berkah bagi Belitung di Masa Pandemi Covid-19

Antara ยท Selasa, 24 Agustus 2021 - 16:59:00 WIB
Usaha Ubur-Ubur Berkah bagi Belitung di Masa Pandemi Covid-19
Bupati Belitung, Sahani Saleh, meninjau tempat pengolahan ubur-ubur. Foto: Antara

BELITUNG, iNews.id - Kegiatan usaha pengolahan dan pengemasan ubur-ubur membawa berkah bagi Belitung. Pasalnya usaha musiman ubur-ubur mampu menyerap 500 tenaga kerja.

Menurut Bupati Belitung, Sahani Saleh, usaha ubur-ubur mampu menggerakkan ekonomi masyarakat pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini. Termasuk menolong ekonomi nelayan yang sering gagal melaut akibat cuaca ekstrem.

"Ada ratusan kapal-kapal nelayan yang dipakai untuk memanen ubur-ubur, sehingga ketika mereka tidak bisa melaut karena kondisi cuaca yang tidak menentu dan ada rezeki lain berupa ubur-ubur," kata Sahani, Selasa (24/8/2021).

Dia mengungkapkan, kegiatan musiman ini telah terbukti membantu masyarakat karena secara spontan telah menyerap ratusan tenaga kerja. Para pekerja tersebut terdiri atas nelayan, buruh pikul atau angkut hingga petugas pembersih dan pengolah ubur-ubur yang mendapat honor harian.

Sahani menyebutkan pula honorarium harian yang diterima pekerja kecil dari usaha ubur-ubur. Buruh angkut menerima upah Rp5.000 sekali pikul, sedangkan pekerja pembersih ubur-ubur dibayar Rp65.000 per hari.

"Tidak kurang ada sekitar 500 tenaga kerja terlibat dalam kegiatan usaha pengolahan ubur-ubur ini," ujarnya.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: