Bangka Barat Pasang Target 2 Bulan Kembali ke Zona Hijau

Antara ยท Senin, 24 Mei 2021 - 08:38:00 WIB
Bangka Barat Pasang Target 2 Bulan Kembali ke Zona Hijau
Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, M Putra Kusuma. Foto: Antara

MENTOK, iNews.id - Bangka Barat memasang terget kembali ke zona hijau dalam tempo dua bulan. Untuk mencapainya tidak mudah karena peran serta masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) menjadi kunci dalam keberhasilan pengendalian Covid-19.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Bangka Barat, M Putra Kusuma, mengatakan, keputusan untuk menjadikan Bangka Barat ke zona hijau merupakan hasil rapat koordinasi lintas sektor. Artinya seluruh instansi juga terlibat dalam mengejar target tersebut.

"Butuh kerja keras dan kerja bersama untuk mewujudkan target tersebut," kata Putra, Minggu (23/5/2021).

Menurut dia, pengendalian penularan virus corona jenis baru tidak bisa hanya ditangani Satgas Pengendalian Covid-19, instansi pemerintah dan para petugas. Namun butuh kerja sama yang baik, terpadu dan terarah dari tingkat kabupaten hingga pelosok desa.

Dalam penanganan pandemi Covid-19, para pasien atau warga yang kontak erat dengan pasien maupun warga yang dinyatakan positif terpapar virus corona jenis baru memiliki sejumlah kewajiban. Isolasi mandiri yang dijalankan sesuai prosedur merupakan titik tekan pada kewajiban itu.

Bangka Barat juga telah memiliki petugas yang disebar dalam tingkat kecamatan dan desa untuk memudahkan pengendalian Covid-19. Berbagai langkah yang dilakukan ini, diyakini mampu membatasi gerak para pasien yang sedang melakukan kewajiban isolasi mandiri sehingga bisa meminimalkan risiko penularan virus ke warga sekitar.

"Para petugas di tingkat desa hingga RT diminta meningkatkan pengawasan agar para warga isolasi mandiri patuh protokol kesehatan," katanya.

Editor : Erwin C Sihombing