BPS Pemkab Bangka Meluncurkan Portal Satu Data Indonesia

Rizqa Leony Putri · Jumat, 01 Oktober 2021 - 17:08:00 WIB
BPS Pemkab Bangka Meluncurkan Portal Satu Data Indonesia
BPS Kabupaten Bangka meluncurkan portal Satu Data Indonesia (SDI), Kamis (30/9/2021). Peluncuran tersebut merupakan langkah awal dalam mewujudkan data yang akuntabilitas dan akurat. (Foto: dok Pemkab Bangka)

SUNGAILIAT, iNews.id - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka meluncurkan portal Satu Data Indonesia (SDI), Kamis (30/9/2021). Peluncuran tersebut merupakan langkah awal dalam mewujudkan data yang akuntabilitas dan akurat.

Kepala BPS Bangka Dewi Safitri mengatakan portal Satu Data Indonesia ini akan mengumpulkan data dari tingkat desa hingga ke nasional. Dengan meningkatkan komunikasi dan koordinasi di setiap lini sektor dalam pengumpulan data akan mewujudkan data yang akurat.

"SDI ini mengatur bagaimana kita semua melakukan tata kelola data dan portal data. BPS juga telah merencanakan dengan cara melakukan sensus yang menggunakan data awal," ujarnya.

Kepala BPS Provinsi Bangka Belitung Dwi Retno Wilujeng menyampaikan, SDI ini merupakan komitmen nasional dalam mewujdukan data yang akurat. Kabupaten Bangka telah memulai langkah tersebut dalam mewujdukan SDI.

"Untuk mewujudkan SDI ini tentunya memerlukan perjalanan yang panjang. Tetapi perjalanan yang panjang tersebut akan dimulai dengan satu langkah keberlanjutan dan Kabupaten Bangka telah memulai hal tersebut," katanya.

Bupati Bangka Mulkah menyambut baik peluncuran SDI. Dia juga mengapresiasi BPS Kabupaten Bangka yang telah mendata masyarakat Kabupaten Bangka baik secara manual ataupun digital.

"Data ini sangat penting bagi kita. Kita juga akan menempatkan Dinas Kominfotik sebagai wali data untuk Kabupaten Bangka karena dengan Go Digital inilah memberikan suatu kemudahan pelayanan yang prima bagi masyarakat," tuturnya.

(CM)

Editor : Rizqa Leony Putri

Bagikan Artikel: